• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribunnews.com

Jumlah DP 4 Samarinda 596.286 Jiwa

Kamis, 7 Februari 2013 21:23 WIB
Jumlah DP 4 Samarinda 596.286 Jiwa
ilustrasi Kotak Suara di TPS

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Doan Pardede

TRIBUNNEWS.COM  SAMARINDA, - Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) diserahkan serentak secara nasional dari kepala daerah ke masing-masing Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Indonesia. Untuk Samarinda, penyerahan langsung dilakukan Walikota Samarinda Syahrie Jaang kepada Ketua KPUD Samarinda Syarifudin Tangalindo disaksikan segenap unsur sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Samarinda, termasuk Camat dan Lurah, di Balaikota, Kamis (7/2/2013).

Untuk Samarinda, berdasarkan surat edaran Mendagri nomor 470/3264/sj tanggal 29 Agustus 2012 jumlah DP4 sebanyak 596.286 jiwa dari total jumlah penduduk Samarinda yang saat ini mencapai 920 ribu jiwa sehingga perlu sinkronasi data lebih lanjut dengan instansi terkait seperti Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Samarinda.

"Ini untuk menghindarkan terjadinya konflik kepentingan jelang Pemilu karena ada perbedaan data kependudukan antara DP4 dengan data kependudukan kota Samarinda sekaligus menjamin setiap warga kota tepian yang memenuhi persyaratan tidak kehilangan hak pilihnya," kata Jaang.

Saat ini proses perekaman data E-KTP memang belum 100 persen selesai, namun ia yakin dengan waktu yang masih ada ini proses perekaman akan selesai tepat waktu dan benar-benar valid untuk mendukung proses verifikasi data kependudukan sebelum menjadi DPS, DPT dan diterbitkan dalam bentuk kartu pemilih.

Sementara itu, Ketua KPUD Samarinda Syarifudin Tangalindo mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan 6 daerah pemilihan (dapil) ke KPU Pusat untuk disetujui. Adapun dapil tersebut yakni Samarinda Seberang, Lona Janan Ilir dan Palaran untuk Samarinda I, Sungai Kunjang untuk Samarinda II, Samarinda Ulu untuk Samarinda III, Samarinda Ilir untuk Samarinda IV, Samarinda Utara untuk Samarinda V dan Sungai Pinang untuk Samarinda VI.

"Walupun sama 6 dapil dengan tahun 2009 namun ada perbedaan. Sekarang ada yang digabung seperti Loa Janan Ilir, Palaran dan Samarinda Seberang. Ada juga yang di pecah karena pemekaran seperti Samarinda Utara," kata Syarifudin.

Baca   Juga  :

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1416971 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas