• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribunnews.com

Wilayah Timur Aceh Selatan Dikepung Banjir

Senin, 11 Februari 2013 10:14 WIB
Wilayah Timur Aceh Selatan Dikepung Banjir
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Hujan lebat yang mengguyur Jakarta membuat jalan di kawasan Arteri Pondok Indah tergenang hingga 50 cm di depan Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (9/2/2013). (Tribun Jakarta/Jeprima)

TRIBUNNEWS.COM, TAPAKTUAN – Banjir luapan dengan ketinggian air bervariasi kembali mengepung sejumlah kecamatan di kawasan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Puluhan rumah di Kecamatan Kota Bahagia dan Trumon Timur terendam. Kendati tidak ada korban jiwa, banjir luapan yang melanda kawasan tersebut kali ini turut berdampak kerugian besar bagi masyarakat.

Ketua Fraksi Partai Aceh (F-PA) DPRK Aceh Selatan, Zulfadli melaporkan, banjir luapan dengan ketinggian mencapai 80 cm hingga 1 meter itu terparah terjadi di Gampong Jambo Yalem, Kecamatan Trumon Timur. Menurutnya, hujan lebat yang turun sejak pagi hingga Sabtu (9/2/2013) malam itu sudah berdampak meluapnya aliran sungai setempat.

"Banjir kali ini tidak hanya merendam puluhan rumah warga, namun juga turut memporak porandakan lahan pertanian dan ternak-ternak warga. Kondisi seperti ini tentunya tidak bisa kita biarkan berlarut-larut karena akan terus membawa dampak kerugian cukup besar bagi warga sekitar," papar legislator PA ini kepada Serambi (Tribun Network), Sabtu (9/2/2013) malam.

Dikatakannya, masyarakat sekitar sudah cukup kecewa dengan pemerintah daerah, karena sudah dua tahun diusulkan program normalisasi dan pembuatan kanal di kawasan tersebut namun hingga kini belum juga terlihat adanya respon positif.

"Oleh karenanya, saya selaku wakil rakyat daerah pemilihan setempat mendesak Pemkab Aceh Selatan dan Pemprov untuk segera menganggarkan dana untuk pembangunan kanal di wilayah tersebut. Sebab hanya dengan pembangunan kanal tersebut persoalan banjir di kawasan Timur Aceh Selatan bisa teratasi," ujarnya.

"Banjir luapan dengan ketinggian air mencapai satu meter diatas badan jalan turut memporak-porandakan tanaman padi warga yang baru ditanam. Tak hanya itu ternak-ternak warga juga ikut tersapu banjir luapan yang sudah saban tahun terjadi itu," kata Camat Kota Bahagia, Muhammad Rasyid.

Adapun Gampong-gampong yang terkena banjir luapan di kecamatan tersebut, kata Camat Kota Bahagia, diantaranya Gampong Beutong, Gampong Ujong Gunong Cut, Gampong Jong Rayeuk, Ganpong Ujong Tanoh, Gampong Rambong, dan Gampong Jambo Kepak. Sedangkan longsor turut terjadi di kawasan Gunung Beutong dan Gunung Seunebok Alue Buloh.

"Banjir mulai surut, dan wargapun sudah mulai membersihkan rumahnya dari lumpur yang dibawa banjir. Kendati demikian, banjir kali ini kembali membawa dampak kerugian bagi warga sekitar, dimana selain lahan pertaniannya yang ikut disapu banjir, ternah-ternak warga juga ikut mati," ungkapnya.(tz)

Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1426991 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas