• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

Pemenang Pilgub Jabar di antara 3 Pasangan Ini

Selasa, 19 Februari 2013 19:17 WIB
Pemenang Pilgub Jabar di antara 3 Pasangan Ini
KOMPAS images/KRISTIANTO PURNOMO
Lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat saat undian penetapan nomor urut pasangan di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/12/2012). Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat menetapkan lima pasangan cagub-cawagub pada Pilkada Jawa Barat adalah Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, Dede Yusuf-Lex Laksamana, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim, dan satu-satunya pasangan independen, yakni Dikdik Mulyana Arif Mansyur-Cecep NS Toyib. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Pemilihan Gubernur Jabar

TRIBUNNEWS.COM , JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional Umar S Bakry mengungkapkan pemenang pemilu kepala daerah Jawa Barat pada 24 Februari nanti akan ditentukan dari tiga pasangan kendati peserta cagub dan cawagub ada lima pasangan.

"Pemenangnya satu di antara tiga pasangan yakni Dede-Laksamana, Aher-Deddy, dan Rieke-Teten. Yang keluar sebagai pemenang satu dari tiga pasangan ini," ungkap Umar kepada wartawan usai diskusi riset Lembaga Survei Jakarta di Pulau Dua, Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Menurut Umar, saat ini dari ketiga pasangan di atas, elektabilitas Dede-Laksamana menurun. Dede memang gagah, ganteng, dan artis, tapi sosoknya tidak cukup menjual seperti Jokowi yang memiliki, komitmen, karakter.

Merujuk hasil survei LSN, elektabilitas Dede pada tujuh bulan lalu berada di angka 45 persen. Survei kedua turun menjadi 37 persen, dan survei lanjutan 32 persen. "Turunnya ke Aher sama Rieke," terangnya.

Loncatan signifikan untuk elektabilitas justeru diperoleh Rieke-Teten. Pada awal menyapa publik, elektabilitas pasangan yang disokong PDI Perjuangan ini hanya sembilan persen, dan survei terakhir, elektabilitas keduanya di 24 persen.

Sementara dua pasangan lainnya yakni Irianto MS Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim, dan Dikdik Mulyana Arif Mansur-Cecep Nana Suryana sangat jauh suaranya, dibandingkan dengan tiga pasangan di atas.

Baca  Juga  :

Penulis: Y Gustaman
Editor: Budi Prasetyo
0 KOMENTAR
1460292 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas