• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribunnews.com

Penabrak Xenia Dituntut Tiga Tahun

Rabu, 20 Februari 2013 20:51 WIB
Penabrak Xenia Dituntut Tiga Tahun
IST

TRIBUNNEWS.COM TENGGARONG,  - Kita tentu masih ingat kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di KM 57 Samboja pada 28 September 2012 silam yang menyebabkan seorang pengemudi dan 8 penumpang mobil Xenia meninggal dunia. Sandi (25), pengemudi truk yang menabrak Xenia, menjalani proses persidangan dengan agenda tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong, Rabu (20/2/2013).

Dalam sidang tuntutan kemarin, JPU menuntut terdakwa dengan hukuman penjara 3 tahun dan denda Rp 1 juta, subside satu bulan kurungan.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 3 tahun dikurangi dengan masa penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dengan perintah terdakwa tetap ditahan dan denda sebesar Rp 1 juta subside satu bulan kurungan," kata Arif, JPU saat membacakan tuntutan di hadapan majelis hakim yang diketuai Wahyudi Said dengan anggotanya, Teguh Harissa dan Zulkarnaen kemarin.

Jaksa menyatakan terdakwa Sandi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia sebagaimana diatur dalam Pasal 310 ayat (4) UU RI No 22 tahun 2009.

Jaksa mengemukakan, kecelakaan terjadi berawal saat terdakwa mengemudikan truk Mitsubishi Colt diesel warna putih KT 8982AQ milik PT Cipta Pratama dengan penumpang 2 orang yang melaju dari arah Samarinda menuju Balikpapan dengan kecepatan 70 km/jam. Sampai KM 57 Kelurahan Karya Merdeka, Samboja, Kukar, terdakwa menemui jalan sebelah kiri dengan kondisi bahu jalan longsor dan badan jalan agak menurun.

Terdakwa ingin menghindari jalan tersebut dengan mengambil jalur kanan dengan kecepatan yang sama, tiba-tiba dari arah berlawanan (arah Balikpapan-Samarinda) muncul kendaraan Xenia warna hijau KT 1580CA dengan kecepatan tinggi. Terdakwa yang kaget karena jarak antara truk yang dikemudikannya dengan mobil Xenia sangat dekat, tidak sempat mengerem dan menghindar sehingga tabrakan terjadi.

Mobil Xenia terdorong dengan laju truk yang dikemudikan terdakwa hingga masuk dalam jurang kedalaman sekitar 2 meter dari atas badan jalan dengan posisi terakhir ban sebelah kiri bagian depan dan belakang menghadap ke atas, sedangkan truk berada di sebelah kanan jalan mengarah Balikpapan.

"Akibat kecelakaan itu penumpang Xenia yang berjumlah 9 orang, termasuk pengemudinya meninggal dunia," ucap jaksa. Delapan orang meninggal di lokasi kejadian, yakni Taufik (sopir Xenia), penumpang lainnya, Hairani, Agus Praptana, Ahmad kusasi, M Irpan,

Sarifuddin, Jamhuri dan Thamrin. Sedangkan seorang penumpang, Yunani, meninggal pada malam harinya setelah sempat kritis dan mendapat perawatan kurang lebih 12 jam di RSUD Aji Batara Agung Samboja. Sidang kasus lakalantas ini dilanjutkan Kamis (21/2) hari ini, dengan agenda pembacaan pledoi terdakwa. (top)

Baca  Juga  :

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1465171 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas