Selasa, 23 Desember 2014
Tribunnews.com

Paser Selatan Layak Dimekarkan

Jumat, 22 Februari 2013 08:00 WIB

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Sarassani

TRIBUNNEWS.COM, TANA PASER - Kabupaten Paser Selatan (Passel) layak dimekarkan dari induknya, yakni Kabupaten Paser. Apalagi ada keseragaman visi tentang perlunya pemekaran, meskipun terjadi perbedaan cara pandang dalam pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOP) di daerah ini.

Demikian disampaikan Ketua Tim Kajian Pemekaran Passel dari Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogyakarta Abdul Gaffar Karim, Kamis malam (21/2/2013), dalam Presentasi Hasil Kajian Pembentukan DOP Kabupaten Passel di Gedung Awa Mangkuruku Tana Paser.

"Berdasarkan hasil kajian kita Passel layak dimekarkan. Dan pemekaran DOP menjadi kebutuhan di Paser dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Hanya saja, agar upaya pemekaran ini berjalan lancar, ada konsensus politik yang perlu disepakati terlebih dahulu, " kata Abdul Gaffar Karim.

Seperti diketahui pemekaran Passel meliputi Kecamatan Muara Komam, Batu Sopang, Muara Samu, Batu Engau dan Kecamatan Tanjung Harapan. Sementara sebelumnya telah diupayakan pemekaran Paser Tengah yang meliputi Kecamatan Muara Komam, Batu Sopang, Kuaro, Long Kali dan Kecamatan Long Ikis.

Antara pemekaran Passel dan Paser Tengah ada dua kecamatan yang diperebutkan, yakni Muara Komam dan Batu Sopang. Hal ini menjadi salah satu konsensus politik yang perlu disepakati, sebelum melangkah pada teknis pemekaran.

Konsensus politik juga perlu disepakati adalah penentuan kecamatan yang akan menjadi ibukota Passel. Dalam hal ini tim memberikan rekomendasi tiga kecamatan yaitu Kecamatan Batu Sopang, Muara Samu dan Batu Engau.

"Berdasarkan hasil kajian kami, ada tiga kecamatan yang kita rekomendasikan untuk dipertimbangkan dan disepakati bersama. Ini adalah kunci kedua untuk kelancaran pemekaran," tambahnya.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Kaltim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas