Selasa, 27 Januari 2015
Tribunnews.com

Sekolah Yogyakarta Siap Laksanakan Kurikulum 2013

Senin, 25 Februari 2013 04:40 WIB

Sekolah Yogyakarta Siap Laksanakan Kurikulum 2013
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Presenter Tina Talisa diburu sejumlah siswa sekolah dasar yang meminta tandatangan seusai melakukan kegiatan belajar mengajar dalam kegiatan Kelas Inspirasi: Berbagi Inspirasi Lewat Profesi di SDN Centeh 2, Jalan Centeh, Kota Bandung, Rabu (20/2/2013). Kegiatan yang bertujuan memberikan wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional ini diselenggarakan oleh Indonesia Mengajar serentak di 6 kota besar di Indonesia, sementara di Kota Bandung penyelenggaraan kegiatan ini digelar di 15 sekolah dasar. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta berkomitmen untuk melaksanakan kurikulum 2013 di semua sekolah dasar negeri dan swasta, tidak hanya 30 persen sekolah seperti yang ditargetkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Di Kota Yogyakarta, kami akan upayakan agar semua sekolah dasar negeri dan swasta pada tahun ajaran 2013/2014 sudah melaksanakan kurikulum 2013," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Minggu (24/2/2013).

Menurut dia, meskipun alokasi anggaran dari pemerintah pusat untuk pelaksanaan kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar hanya untuk 30 persen dari total sekolah, namun Pemerintah Kota Yogyakarta masih bisa mengusahakan kekurangan anggaran dari dana-dana lain.

Anggaran tersebut digunakan untuk pelatihan guru dan pengadaan buku, terlebih jenjang SD akan menggunakan metode pembelajaran tematik bukan lagi mata pelajaran.

Edy mengatakan, Pemerintah Kota Yogyakarta masih memiliki anggaran dari dana alokasi khusus (DAK) 2010 sekitar Rp 700 juta, serta dimungkinkan akan memperoleh DAK 2013 yang masuk dalam anggaran perubahan.

"Kami juga masih akan mencermati kondisi anggaran di Dinas Pendidikan, apakah masih ada yang bisa digeser dan dialokasikan untuk pelaksanaan kurikulum 2013," katanya.

Di Kota Yogyakarta terdapat total 178 SD yang terdiri dari 96 SD negeri dan sisanya adalah sekolah dasar swasta. "Untuk tenaga pengajar SD pun siap meskipun ada kekurangan 54 tenaga guru. Kami akan koordinasikan dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) agar ada tambahan guru," katanya.

Halaman12
Editor: Willy Widianto
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas