Selasa, 5 Mei 2015
Tribunnews.com

Ada Sawit Dan Lubang Tambang Di Proyek Free Way

Rabu, 27 Februari 2013 19:48 WIB

Ada Sawit Dan Lubang Tambang Di Proyek Free Way
(Tribunnews/Hendra Gunawan)
Pohon sawit yang di tanam di Jakarta sebagai hiasan taman

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Doan Pardede

TRIBUNNEWS.COM SAMARINDA, - Berdasarkan tinjauan Gubernur Kaltim, Awang Faroukh Ishak beberapa saat lalu masih ada ditemukan kendala pembangunan jalan bebas hambatan (free way) yakni adanya tambang dan kebun sawit. Bahkan, ada lubang tambang yang berada pada jalur free way. Untuk pengalihan menghindari lubang tidak memungkinkan karena dikelilingi rawa. Maka alternatifnya, di atas lubang tambang tadi akan dibangun jembatan sepanjang 200 meter.

"Kalau kalau direklamasi, konsilidasi lahannya 30 tahun, itu bergerak terus. Sehingga tidak mungkin menjadi pondasi jalan tol. Untuk yang berlubang, tidak ada cara selain jembatan. Pasti cost-nya naik," katan Wakil Walikota Samarinda, Nusyirwan Ismail, Rabu (27/2/2013).

Sesuai keinginan Gubernur, agar dana Jaminan Reklamasi (Jamrek) yang ada tidak digunakan untuk menutup lubang, tetapi sebagai dana pembantu pembangunan jembatam, menurut Wawali hal ini masih dikaji dan memerlukan proses penelitian apakah dana jamrek bisa dikompensasikan untuk kepentingan tersebut.

"Tapi ini kan jalan publik, kami kira untuk ke arah itu bisa," kata Wawali.

Dipaparkan Wawali, untuk segmen IV di jalur Palaran Samarinda ada 8 pihak yang berkaitan dengan pembebasan lahan. Diantaranya 6 tambang batu bara dan 2 tambang sudah mendukung. Selai itu, ada jalur free way akan crossing dengan 1 jalan tambang yang menurut Gubernur itu menjadi tanggungjawab perusahaan yang bersangkutan.

"Walaupun provinsi sedang mencoba mengkolektifkan semua crossing pada satu titik yang bisa difasilitasi. Sehingga nanti sharing dari semua perusahaan untuk menggunakan satu crossing itu. Ini masih dikaji secara tekhnis oleh PU Provinsi," jelas Wawali

Halaman12
Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas