Senin, 22 Desember 2014
Tribunnews.com

KIP Subulussalam Tetap Laksanakan Pilkada 2013

Kamis, 28 Februari 2013 16:27 WIB

KIP Subulussalam Tetap Laksanakan Pilkada 2013
Serambi Indonesia Khalidin
Ketua KIP Kota Subulussalam, M.Husein Saraan

Laporan  Wartawan Serambi Indonesia   Khalidin

TRIBUNNEWS.COM SUBULUSSALAM, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam menyatakan akan tetap melaksanakan tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam pada tahun ini sesuai jadwal yang telah disusun. Penegasan tersebut disampaikan, Ketua KIP Kota Subulussalam, M.Husein Saraan yang dikonfirmasi Serambinews.com, Kamis (28/2/2013) terkait aksi massa yang menolak pelaksanaan pilkada tahun ini.

M. Husein menilai aksi massa yang berdemo siang tadi  merupakan hak sebagai warga Negara dalam menyampaikan pendapat. KIP sendiri menurut Husein akan tetap melaksanakan pilakada pada tahun ini dan tidak terpengaruh terhadap tuntutan massa tersebut. Pasalnya, menurut Husein, penyelenggaraan pilkada merupakan amanah dan perintah undang-undang yang mengamanatkan pelaksanaan Pilkada setiap lima tahun sekali. Lagi pula, lanjut Husein, tidak ada satu alas an kuat yang dapat dijadikan dasar untuk menunda pilakada.

Dikatakan Husein, pilkada dapat ditunda jika terjadi bencana alam, kerusuhan, gangguan keamanan, atau gangguan lainnya. Hal itu sesuai dengan Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana disempurnakan pada UU No 12 tahun 2008. Apalagi, kata Husein, dua hari lalu dana hibah untuk kegiatan Pilkada Subulussalam sebesar Rp 6 miliar secara resmi sudah diserahkan kepada KIP setempat sehingga saat ini tinggal menetapkan tahapan proses pesta demokrasi tersebut.

Soal DPRK Subulussalam yang belum melayangkan surat pemberitahuan berakhirnya masa jabatan kepala daerah kepada KIP yang diklaim dewan sebagai salah satu syarat dilaksanakannya pilkada, Husein mengaku akan kembali berkonsultasi kepada KIP Aceh termasuk rencana beraudensi ke Mendagri dan KPU pusat bersama kalangan legislatif.”Tapi intinya, KIP Subulussalam akan tetap menyelenggarakan Pilkada pada 2013 ini sesuai dengan tahapan yang telah kami susun apalagi dananya juga sudah disahkan dan kami terima,” pungkas mantan Kepala Desa Sikalondang ini. (*)

Baca  Juga  :

Editor: Budi Prasetyo

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas