• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribunnews.com

Dua Harimau Terlihat di Pulau Sangkar

Senin, 11 Maret 2013 03:55 WIB
Dua Harimau Terlihat di Pulau Sangkar
net
Harimau Sumatera

TRIBUNNEWS.COM, KERINCI - Setelah terlihat berkeliaran di kawasan Muara Hemat dan Desa Tarutung, dua ekor harimau juga muncul di daerah permukiman warga, tepatnya di Desa Pulau Sangkar, Kecamatan Batang Merangin, Kerinci, Jambi.

Warga Pulau Sangkar, Gana, mengatakan, dua ekor harimau yang berukuran besar, terlihat oleh warga saat dalam perjalanan menuju pasar (Balai.red) di Desa Tamiai, Sabtu (9/3/2013) pukul 09.00.

"Ada beberapa orang warga yang sedang berada di dalam mobil melihat dua harimau tersebut. Harimau terlihat di sekitar areal perladangan, dekat dengan permukiman," ujarnya, dikonfirmasi Tribun, Minggu (10/3/2013).

Selain itu katanya, suara harimau juga sering terdengar oleh warga, yang sedang menjaga padi mereka di sawah. "Teman saya yang menghalau burung di sawah, juga sering mendengar suara auman harimau," katanya.

Warga menjadi resah dan takut untuk bekerja di ladang mereka, karena khawatir bertemu dengan harimau. "Beberapa tahun lalu pernah ada warga yang tewas karena diterkam harimau," jelasnya.
Berkeliarannya si raja hutan juga dibenarkan oleh Kepala Seksi Wilayah I, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Agusman. Saat dikonfirmasi Tribun, Kamis (7/3/2013), dia mengaku seekor harimau Sumatera sering terlihat antara Muara Emat, dengan Desa Birun, Kabupaten Merangin.

Dia mengatakan, berkeliarannya harimau di kawasan tersebut, sudah terjadi sejak tiga minggu lalu. Hanya saja harimau tersebut tidak pernah menyerang ataupun menakuti manusia yang kebetulan melihatnya.

"Sejak beberapa hari lalu petugas sudah turun ke lapangan, untuk menangani harimau tersebut, dengan menempatkan kerangkeng jebak disekitar lokasi harimau terlihat," ungkapnya.

Selain di kawasan Muara Emat, Agusman mengaku juga mendapatkan laporan dari masyarakat, bahwa harimau sering terlihat di kawasan Tarutung, Kecamatan Batang Merangin.

"Laporan yang kita dapat, berkeliarannya harimau di daerah ini sejak dua minggu lalu. Untuk dua daerah ini, memang merupakan tempat perlintasan harimau, karena ini berada dalam TNKS," jelasnya.

Untuk menghindari agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan tambahnya, petugas juga selalu memantau keberadaan harimau tersebut. "Anggota kita juga sudah kelapangan untuk memantau pergerakan harimau tersebut," tambahnya.

Selain itu, Agusman menhimbau agar warga tidak terlalu resah dengan keberadaan harimau tersebut. Menurutnya, manusia tidak termasuk dalam buruan (mangsa) harimau, jika keberadaannya tidak sedang diganggu.

"Hati-hati saja tapi jangan takut. Kalau bisa jangan keluar rumah saat malam hari, apalagi sendiri. Jika memang ingin keluar rumah ataupun bekerja diladang, sebaiknya cari teman agar lebih aman," ujarnya. (Tribun Jambi/Edi Januar)

baca juga:


Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jambi
0 KOMENTAR
1537181 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas