Rabu, 1 Juli 2015
Tribunnews.com

Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Gresik akan Gugat Kementerian PU

Senin, 1 April 2013 22:57 WIB

Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Gresik akan Gugat Kementerian PU
google

TRIBUNNEWS.COM, GRESIK - M Sholeh, pengacara korban kecelakaan lalu lintas, Adi Sucipto (31), warga Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, akan menuntut Kementerian Pekerjaan Umum (PU) secara perdata dan pidana.

Adi menjadi korban kecalakaan tunggal di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, depan Kantor Pajak, Kecamatan Kebomas, Gresik,  Jumat (29/3/2013). Akibat kecelakaan itu korban luka berat.

M Shole mengatakan saat ini dirinya sedang proses pengumpulan berkas untuk menggugat Kementerian PU. Di antara berkas tersebut yaitu surat laporan kecelakaan dari Kepolisian, hasil visum dari rumah sakit, dan bukti-bukti kecelakaan.

Gugatan ke Kementerian PU dilakukan, karena kecelakaan itu akibat kelalaian petugas PU sebagai penanggung jawab pembangunan, perawatan dan perbaikan jalan nasional.

Menurut M Sholeh, kecelakaan di jalan raya dimungkinkan dapat menggugat ke Kementerian PU. "Kalau kecelakaan ringan dapat dituntut 6 bulan penara, kecelakaan berat 1 tahun penjara dan jika meninggal dunia 5 tahun tahun penjara," kata M Sholeh, Senin (1/4/2013).

Gugatan korban tersebut berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Dalam kasus kecelakaan ini, yang disalahkan adalah Negara melalui Pemerintah Pusat, yang di bawah naungan Kementerian PU.

Halaman123
Editor: Willy Widianto
Sumber: Surya
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas