Selasa, 28 April 2015
Tribunnews.com

Sambut APEC, Kota Surabaya Dipercantik

Senin, 1 April 2013 20:27 WIB

Sambut APEC, Kota Surabaya Dipercantik
NET
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya tengah berbenah diri mempercantik keindahan kota. Pasalnya, kota Surabaya akan menjadi tempat diselenggarakannya Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) atau pertemuan ekonomi Asia Pasifik pada 6 - 21 April 2013.

Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Surabaya, Ifron Hady mengatakan, pemerintah kota saat ini sedang mematangkan sejumlah persiapan. Seperti pengecatan median jalan di sejumlah ruas jalan, serta penertiban pedagang kaki lima (PKL) di beberapa titik.

Untuk persiapan sektor perdagangan, menurut Ifron, pihaknya mendapat pesan khusus dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang menyoroti masalah barang-barang bajakan. Karena pembajakan hak cipta sangat berpengaruh terhadap hubungan ekonomi antara Indonesia dengan negara lain peserta APEC yang punya komitmen kuat pada hak paten.

"Pesan itu telah kami tindaklanjuti dengan bekerja sama antar instansi terkait," kata Ifron, Senin (1/4/2013).

Lebih lanjut, dijelaskan Ifron, pertemuan APEC merupakan pertemuan lintas negara yang tidak memandang bendera karena semua bersatu atas nama ekonomi.

Penyelenggaraan forum APEC di Surabaya dibagi menjadi dua rangkaian. Tanggal 7 - 19 April 2013 dengan agenda diisi Senior Officers Meeting (SOM) ke-2 yang dihadiri pejabat peserta APEC setingkat direktorat jenderal (dirjen).

Puncaknya pada 19 - 21 April 2013 diadakan Ministers Responsible for Trade (MRT) yang dihadiri pejabat setingkat menteri.

Halaman12
Editor: Willy Widianto
Sumber: Surya
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas