• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 29 Agustus 2014
Tribunnews.com

Sambut APEC, Kota Surabaya Dipercantik

Senin, 1 April 2013 20:27 WIB
Sambut APEC, Kota Surabaya Dipercantik
NET
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya tengah berbenah diri mempercantik keindahan kota. Pasalnya, kota Surabaya akan menjadi tempat diselenggarakannya Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) atau pertemuan ekonomi Asia Pasifik pada 6 - 21 April 2013.

Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Surabaya, Ifron Hady mengatakan, pemerintah kota saat ini sedang mematangkan sejumlah persiapan. Seperti pengecatan median jalan di sejumlah ruas jalan, serta penertiban pedagang kaki lima (PKL) di beberapa titik.

Untuk persiapan sektor perdagangan, menurut Ifron, pihaknya mendapat pesan khusus dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang menyoroti masalah barang-barang bajakan. Karena pembajakan hak cipta sangat berpengaruh terhadap hubungan ekonomi antara Indonesia dengan negara lain peserta APEC yang punya komitmen kuat pada hak paten.

"Pesan itu telah kami tindaklanjuti dengan bekerja sama antar instansi terkait," kata Ifron, Senin (1/4/2013).

Lebih lanjut, dijelaskan Ifron, pertemuan APEC merupakan pertemuan lintas negara yang tidak memandang bendera karena semua bersatu atas nama ekonomi.

Penyelenggaraan forum APEC di Surabaya dibagi menjadi dua rangkaian. Tanggal 7 - 19 April 2013 dengan agenda diisi Senior Officers Meeting (SOM) ke-2 yang dihadiri pejabat peserta APEC setingkat direktorat jenderal (dirjen).

Puncaknya pada 19 - 21 April 2013 diadakan Ministers Responsible for Trade (MRT) yang dihadiri pejabat setingkat menteri.

"Total delegasi dalam dua rangkaian pertemuan itu diperkirakan mencapai 2.000 orang dari 21 negara ditambah 3 negara pengamat. Selama sekian hari penyelenggaraan mereka akan terlibat dalam sedikitnya 38 meeting," ujar Ifron.

Dijelaskan Ifron, Kota Surabaya sebenarnya sudah beberapa kali menjadi tuan rumah pertemuan Internasional.

Sebelumnya pada 2011 lalu, Asean Mayor Forum (Forum Wali kota se-Asia Tenggara) digelar di Kota Surabaya. Menyusul setahun berikutnya, Citynet (pertemuan wali kota dunia) juga sempat diselenggarakan di kota Surabaya.

Sedangkan untuk pertemuan APEC menjadi yang pertama di Kota Surabaya menjadi tuan rumah. Selama ini, kebanyakan penyelenggaraan pertemuan International dilaksanakan di Jakarta dan Bali.

"Kota Surabaya sudah berhasil menyita perhatian dunia melalui prestasinya. Dari segi infrastruktur, fasilitas umum, hotel, dan kemudahan lainnya, kota ini dinilai layak menjadi tuan rumah APEC," tandas Ifron.

Kepercayaan yang sudah diberikan pada Surabaya, tambah Ifron, wajib dijawab dengan kesuksesan acara. Untuk itu, pihaknya tidak akan main-main dalam mematangkan proses persiapan.

"Ini menyangkut citra negara. Kita harus jadi tuan rumah yang baik. Kalau acara berlangsung sukses, kepercayaan dunia terhadap Surabaya khususnya  bakal semakin meningkat," tutur Ifron.

Editor: Willy Widianto
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1618532 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas