• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

Ratusan Bakal Calon Kades Sumpah Janji Damai

Rabu, 3 April 2013 12:02 WIB
Ratusan Bakal Calon Kades Sumpah Janji Damai
Tribun Jogja/Obed Doni Ardiyanto
Sejumlah 701 bakal calon kepala desa (balon kades) di Kabupaten Klaten mengucapkan sumpah janji dalam Deklarasi Damai Balon Kades menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (3/4/2013).

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyanto

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN - Sebanyak 701 bakal calon kepala desa (balon kades) di Kabupaten Klaten mengucapkan sumpah janji dalam Deklarasi Damai Balon Kades menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (3/4/2013). Pilkades akan dilakukan 11 April 2013 nanti.

"Deklarasi ini untuk menciptakan kondisi pilkades yang aman, tertib, dan damai. 701 balon kades tersebut akan mengikuti pemilihan di 278 desa untuk tahap pertama di 2013 ini.

Deklarasi ini untuk menggerakkan supaya, tidak hanya balon kade tapi juga panitia pilkades kecamatan, dan tim sukses masing-masing mau bertanggung jawab menciptakan pilkades yang damai," tutur Asisten Pemerintahan Setda Klaten, Purwanto A.C., di Klaten, Rabu (3/4/2013).

Sementara itu, Bupati Klaten, Sunarna menambahkan dalam sambutannya terkait balon kades versus kotak kosong. Menurutnya, balon kades yang melawan kotak kosong juga tidak mudah.

Malah lebih mudah bakal kades yang memiliki banyak pesaing daripada posisi bakal kades tunggal.

"Balon kades tunggal lebih berat dibandingkan dengan balon kades yang banyak. Pasalnya, dari segi finansial tentu saja lebih berat dalam pencalonan dirinya. Selain itu, berhadapan dengan kotak kosong pasti lebih malu jika kalah dengan kotak kosong. Kalah dengan orang lebih bangga. Sebuah pertandingan pasti ada yang kalah dan menang, namun harus disikapi dengan dewasa," paparnya.

Dalam pilkades tahap pertama 2013 nanti ada 57 desa yang memiliki balon kades tunggal atau menghadapi kotak kosong. Pilkades Klaten terbagi dalam dua tahap, tahap pertama pada April ini, sedangkan tahap kedua untuk 76 desa akan diselenggarakan pada Oktober nanti.

Tidak hanya bakal calon kades panitia pilkades masing-masing kecamatan, dan tim sukses balon kades, tetapi juga Muspida dan Muspika Kabupaten Klaten dari pemerintah kabupaten, kecamatan, TNI dan Polri, hadir dalam kegiatan Deklarasi Damai tersebut.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jogja
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1625031 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas