Minggu, 23 November 2014
Tribunnews.com

Di Takengon Bendera Bintang Bulan Dibakar Massa

Kamis, 4 April 2013 14:56 WIB

Di Takengon Bendera Bintang Bulan Dibakar Massa
SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR
Warga dari Kabupaten Nagan Raya konvoi sambil mengibarkan Bendera Bintang Bulan di seputaran Kota Banda Aceh, Selasa (26/3/2013). Sejak 25 Maret 2013, Pemerintah Aceh telah menetapkan dan mengundangkan dalam lembaran daerah bendera dan lambang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sebagai lambang dan bendera daerah. SERAMBI/M ANSHAR

Laporan Wartawan Serambi Indonesia, Mahyadi

TRIBUNNEWS.COM, TAKENGON - Bendera bintang bulan, dibakar massa di depan Gedung Olah Seni (GOS) Kota Takengon, Kamis (4/4/2013). Pembakaran tersebut, merupakan buntut dari aksi konvoi ribuan massa merah putih yang berasal dari dua kabupaten di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Massa yang terdiri anggota Pembla Tanah Air (PETA), unsur masyarakat, pemuda dan mahasiswa menggelar konvoi merah putih, merupakan bagian dari penolakan terhadap bendera dan lambang Aceh. Aksi konvoi ribuan masyarakat dua kabupaten itu, sempat membuat ruas jalan protokol di pusat Kota Takengon, diselimuti bendera merah putih.

Massa yang berkonvoi mengitari Kota Takengon, akhirnya berkumpul di halaman GOS Takengon. Setelah berkumpul, beberapa perwakilan massa termasuk Ketua Umum PETA Aceh, Ir H Tagore Abubakar melakukan orasi tentang penolakan bendera dan lambang Aceh.

Termasuk salah seorang mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Linggadinsyah ikut berorasi soal penolakan bendera Aceh. Bahkan aksi itu diwarnai dengan pembakaran bendera berlambang bintang bulan.

Editor: Dewi Agustina

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas