• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribunnews.com

Partai Gerindra Bidik 30 Kursi di DPRD Sumut

Kamis, 4 April 2013 19:00 WIB
Partai Gerindra Bidik 30 Kursi di DPRD Sumut
Tribun Medan/Feriansyah
Ketua DPD Partai Gerindra Sumut, Ramses Simbolon

Laporan Wartawan Tribun Medan, Feriansyah Nasution

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Sumatera Utara terus melakukan seleksi bakal calon legislatif (bacaleg) yang mendaftar di partai berlambang kepala garuda tersebut.

Hingga sekarang sudah 300 bacaleg yang mendaftar untuk bisa bertarung menuju DPRD Sumut.

Jumlah ini tentu melebihi dari kuota 100 bacaleg yang akan dimasukkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) sesuai ketentuan KPUD Sumut.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumut, Ramses Simbolon, mengatakan sejak 28 Februari tim seleksi internal bekerja akan segera merampungkan proses grading 9 April mendatang. Grading yang dilakukan dengan bentuk wawancara akhir akan memilih 120 bacaleg dari 300 bacaleg yang mendaftar.

Selanjutnya akan diusulkan kepada Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra untuk memilih 100 bacaleg yang akan didaftarkan secara serentak se Indonesia 13 April mendatang ke KPU.

"9 April nanti kita telah menyelesaikan nama-nama bacaleg, selanjutnya diusulkan ke DPP dan Dewan Pembina Partai Gerindra untuk menetapkan 100 bacaleg DPRD Sumut yang akan maju dari 12 Dapil (daerah pemilihan)," ujar Ramses kepada sejumlah wartawan saat menggelar jumpa pers di Kantor DPD Partai Gerindra, Jalan Raya Menteng, Medan, Kamis (4/4/2013).

Gerindra yang merupakan partai nasionalis kebangsaan terbuka, lanjut Ramses, sejak awal sangat membuka diri bagi siapapun untuk mendaftar menjadi Bacaleg.

"Sebagai suatu syarat ditetapkan menjadi caleg, bacaleg yang ada juga harus mengumpulkan dukungan (KTP) dari para konstituen sebanyak-banyaknya," ujar Ramses yang saat itu didampingi Sekretaris DPD Gerindra Sumut, Sri Kemala, Wakil Ketua, Ajie Karim, Juliana Simatupang, Taroni Hia, Yantoni Purba, Astra Yuda Bangun, Wakil Sekretaris Partahi Hutagalung, Kamarul Tatto, Richard Sidabutar dan Mulyani.

Disebut, para bacaleg yang mendaftar beragam latar belakang, mulai dari mantan birokrat, pengusaha dan aktivis serta sebagian diantaranya merupakan anggota DPRD Sumut yang partainya tidak lolos menjadi peserta Pileg 2014.

"Pusat menargetkan kami (Sumut) dapat 30 kursi di DPRD Sumut. Makanya, kita terus bekerja keras merebut simpati rakyat," kata Ramses.

Astra Yuda Bangun sebagai Ketua Panitia Seleksi, menyebut Partai Gerindra tidak menetapkan bacaleg harus dari kader partai. Dijelaskannya, 25 struktur DPD tidak semua maju menjadi bacaleg. Memenuhi ketentuan, pihaknya menjaring dari DPC-DPC atau dari non-kader yang potensial. Ia juga mengakui di beberapa dapil cukup kesulitan dalam mencari kader perempuan.

"Sampai saat ini kita terus mencari kader-kader perempuan yang cukup matang," katanya.

Arta menegaskan, Gerindra tidak akan melakukan kutipan terhadap bacaleg yang maju dari Gerindra. Para Bacaleg hanya dikenai biaya administrasi saat mendaftar sebesar Rp 50.000.

Namun, tidak dimungkirinya bahwa para bacaleg yang sudah lolos menjadi caleg tetap, nantinya akan dikenakan dana gotong royong untuk membiayai honor saksi pada Pileg 2014.

"Jadi bukan untuk biaya membeli posisi di caleg. Hanya untuk biaya mengawal suara melalui saksi-saksi yang sudah matang," katanya.

Ia menyebut saksi yang akan disiapkan Gerindra untuk seluruh Sumut berjumlah 92.000 orang. Ini dilakukan berdasar pengalaman Pemilu 2009, dimana harusnya Gerindra mendapatkan 7 persen suara. Namun karena saksi-saksi tidak secara matang dipersiapkan suara menguap 3 persen.

"Jadi hanya dapat suara 4 persen kursi di DPRD Sumut," katanya.

Dikatakannya, para saksi nantinya akan direkrut dan dilatih terlebih dahulu di sekolah partai di daerah Hambalang, Jawa Barat.

"Saksi-saksi akan menjadi urusan partai. Para caleg tinggal fokus pada pemenangan dirinya di Pileg 2014," ujarnya. (fer/tribun-medan.com)

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1631352 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas