• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribunnews.com

6 Dubes dan 8 Menteri Tiba di Makassar

Sabtu, 6 April 2013 16:05 WIB
6 Dubes dan 8 Menteri Tiba di Makassar
Tribun Timur/Muhammad Abdiwan
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo

Laporan Wartawan Tribun Timur, Rudhy

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Ketua Panitia Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Irman Yasin Limpo memastikan enam duta besar negara tetangga dipastikan tiba di Makassar, Minggu (7/4/2013).

Selain itu, pejabat setingkat menteri dari Negara Timor Leste dan 8 Menteri RI juga dipastikan akan hadir dalam proses pelantikan Syahrul-Agus 8 September mendatang.

"Berdasarkan informasi yang kami peroleh, besok, mereka sudah berada di Makassar," kata None sapaan akrab Irman YL saat ditemui di rumah jabatan gubernur yang merupakan lokasi pelantikan.

Adapun enam dubes yang dimaksud antara lain, Singapura, Cina, Kanada, Brazil dan Norwegia, Malaysia.

Sementara para pejabat negara dari Timor Leste yang dikirim untuk menghadiri pelantikan Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini antara lain, Menteri Pertanian, Luar Negeri, perdagangan serta Ketua Kamar Dagang Timor Leste dan Puti Perdana Menteri Xanana.

Menurutnya, kehadiran para pejabat negara Timor Leste tersebut sekaligus membuka pintu perdagangan antara Sulsel dengan negara tersebut.

Apalgi negara bekas wilayah Indonesia itu sangat membutuhkan beras dan hasil pertanian yang dimiliki Sulsel.

Sehingga, momentum pelantikan Gubernur Sulsel inilah bisa menjadi wadah untuk menjalin dan merintis perdagangan. "Bahkan Pemprov Sulsel juga dalam waktu dekat akan berkoordinasi denhan maskapai Sriwijaya Air dan Citylink untuk membuka rute penerbangan kesan," katanya.

Ditanya mengenai, apakah mereka  menumpangi pesawat pribadi ataupun carter, Irman mengaku, belum mengetahui pasti. "Belum ada kepastian jam mereka terbang ke Makassar," katanya.

Sementara, 8 Menteri yang sudah memastikan berada di Makassar pada hari itu juga. Antara lain, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, Menko Perekonomian, Hatta Rajadsa, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Perumahan Djan Fardz, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Adapun tata cara penjemputan para tamu kenegaraan, menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sulsel adalah dengan menempatkan belasan panitia di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

"Kita akan membuat deks atau semacam pisko untuk kedatangan para tamu pelantikan," katanya.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan mereka serta membantu mencarikan hotel atau penginaman yang mereka inginkan di Makassar.

"Tapi sebagian tamu sudah ada yang tiba hari ini," katanya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1637472 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas