• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 21 September 2014
Tribunnews.com

Gunung Guntur Kritis, Warga Garut Diimbau Siaga

Selasa, 9 April 2013 21:06 WIB
Gunung Guntur Kritis, Warga Garut Diimbau Siaga
matanews-indonesiatravel
Kawasan Lahan di Gunung Guntur

TRIBUNNEWS.COM GARUT,- Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono mengimbau warga Kabupaten Garut agar meningkatkan kesiapsiagaan bencana setelah gunung Guntur kondisinya dinyatakan kritis dan berpotensi meletus. Terlebih gunung ini hanya berjarak beberapa kilometer dengan wilayah perkotaan Garut.

"Kepada BPBD direkomendasikan untuk berupaya meningkatkan langkah antisipasi bencana. Ini untuk mengurangi jatuhnya korban jiwa jika sampai gunung ini meletus," imbau Surono saat meninjau langsung ke Pos Pengamatan Gunung Guntur, Garut, Selasa (9/4/2013).

Menurut Surono, BPBD Garut diharapkan segera menyiapkan langkah antisipasi evakuasi warga jika gunung Guntur meletus. Misalnya, menentukan arah lokasi evakuasi bagi warga di sekitar gunung Guntur ke lokasi yang lebih aman.

Selain itu, pemerintah segera memberikan pemahaman kepada warga pentingnya evakuasi, dan menjelaskan kondisi gunung saat ini.

"Risiko pasti bisa dikurangi dan bagaimana cara antisipasinya. Pemahaman dan pendidikan ke warga sangat penting tentang siaga bencana dan evakuasi jika gunung ini meletus," katanya.

Diberitakan sebelumnya, kondisi gunung Guntur pada hari ini diketahui telah kritis dan berpotensi meletus. Berdasarkan hasil pengamatan PVMBG, gunung ini telah beberapa kali terjadi gempa tremor secara terus menerus. Biasanya, sesuai pengalaman letusan gunung lainnya, setelah gunung terjadi, gempa tremor terus-menerus akan langsung terjadi letusan.

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
1649441 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Muhtar Ali-Selasa, 9 April 2013 Laporkan
    Semoga Allah melindungi kita semua (khususnya warga Garut) dari buruknya segala kejadian alam yang tak terlepas dari Qadha serta Qadar-Nya......
    Amiiiiiin....
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas