• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribunnews.com

Jombang Gudang Orang Pintar, Mulai Gus Dur hingga Eyang Subur

Rabu, 10 April 2013 10:21 WIB
Jombang Gudang Orang Pintar, Mulai Gus Dur hingga Eyang Subur
surya/sutono
Ribuansiswa SMA, MA, SMK, dan SMA Luar Biasa istigosah bersama di Masjid Baitul Mukminin Jombang, Selasa (9/4/2013)

Laporan Wartawan Surya, Sutono

TRIBUNNEWS.COM – Wakil Bupati Jombang, Widjono Soeparno, berharap para peserta Ujian Nasional (Unas) bisa mengikuti kesuksesan tokoh-tokoh asal Jombang yang berprestasi hingga ke tingkat nasional. Mulai dari KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Nurkholis Madjid, Emha Ainun Nadjib, dan sebagainya.

“Pendeknya Jombang ini gudangnya orang pintar. Mulai mulai dari presiden hingga dukun. Mulai dari Gus Dur hingga Eyang Subur. Tapi yang dicontoh tentu yang positif,” kata Widjono, disambut gelak tawa ribuan siswa.

Widjono menyampaikan hal itu ketika menghadiri istighotsah atau doa bersama di Masjid Agung Baitul Mukminin, Jombang, Selasa (13/4/2013). Istighotsah tersebut dalam rangka menjelang pelaksanaan Unas SMA dan sederajat di Jembong.

Ribuan siswa yang datang dari puluhan SMA, MAN, SMK dan SMA Luar Biasa itu, dipimpin seorang ustad, berdoa dengan khusyuk, meminta agar mampu dan lancar mengerjakan Unas, serta lulus.

Wakil Bupati Jombang Widjono Soeparno berpesan para siswa tidak mempercayai adanya bocoran soal. "Jika ingin lulus, maka harus giat belajar," kata Widjono.

Widjono berharap seluruh peserta Unas lulus. Oleh karenanya, selain mengasah kecerdasan intelektual, yang tidak kalah penting adalah mengasah kecerdasan spiritual. Mengasah intelektual, kata Widjono, dilakukan dengan belajar secara rajin.

Sedangkan kecerdasan spiritual, salah satunya dilakukan dengan melakukan doa dan istighotsah. Jika kedua hal itu dilakukan secara berimbang, maka target kelulusan mudah direngkuh.

Data di Dinas Pendidikan (Disdik) Jombang, peserta Unas yang akan digelar pada 15 April tersebut diikuti 17.864 perserta. Terdiri dari pelajar SMA, MA/SMALB 10.395 siswa. Sedangkan peserta SMK sebanyak 7.469 orang.

Editor: Dodi Esvandi
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1651021 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas