Senin, 22 Desember 2014
Tribunnews.com

Pedang Pora Sambut Kedatangan Brigjen Pol Haka Astana

Kamis, 11 April 2013 11:15 WIB

Pedang Pora Sambut Kedatangan Brigjen Pol Haka Astana
Tribun Jogja/Mona Kriesdinar
Jajar Pedang Pora sambut kedatangan Kapolda DIY yang baru, Brigjen Pol Haka Astana M Widya di Mapolda DIY, Kamis (11/4/2013) pagi.

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Mona Kriesdinar

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Jajar Pedang Pora sambut kedatangan Kapolda DIY yang baru, Brigjen Pol Haka Astana M Widya di Mapolda DIY, Kamis (11/4/2013) pagi.

Haka didampingi istri, disambut oleh mantan Kapolda DIY Brigjen Pol Sabar Rahardjo yang menyambut di pintu gerbang dengan mengalungkan bunga.

Keduanya lantas memasuki jajar pedang kehormatan bersama-sama sebelum kemudian memasuki ruangan kerjanya.

"Pak Kapolda sekarang langsung menghadiri paparan, untuk wawancara kami selenggarakan besok seusai upacara," jelas Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti.

Upacara Pedang Pora merupakan seremonial militer yang dilakukan oleh TNI dan Polri. Upacara biasanya dilaksanakan ketika melepas atau mengantar anggotanya semisal satu diantaranya dalam kegiatan pisah sambut.

Upacara Pedang Pora dilakukan oleh perwira pertama yang membentuk formasi gapura yang dilalui oleh anggota yang akan pisah sambut. Seremonial kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga selamat datang kepada pejabat baru dengan didampingi oleh pejabat yang lama.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jogja

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas