• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

UIB Enterpreneurship Competition, Mengubah Mahasiswa Jadi Pengusaha

Sabtu, 13 April 2013 09:45 WIB

Laporan Wartawan Tribun Batam, Candra P Pusponegoro

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Anda pernah mendengar pizza portal, empuk-empuk tak bertulang, kulink-kulink, tahoo rasa, dodol buah naga, bengkel rainbow, top, telur asin, tiung cillieuk lancang kuning, dan cassava coklut?

Istilah ini merupakan imajinasi bisnis muda-mudi yang mengikuti kompetisi di Universitas Internasional Batam (UIB) baru-baru ini.
 
Kompetisi ini bertemakan Universitas International Batam Enterpreneurship Competition. Penyelenggaranya himpunan mahasiswa manajemen dan tim dosen Leadership & Entrepeneurship Development (LED). Acara diselenggarakan sejak 15 Maret hingga 25 April 2013 mendatang.
 
"Kompetisi ini kami kemas sebagai bentuk kepedulian UIB terhadap jiwa kewirausahaan di masyarakat yang seharusnya perlu ditanamkan sejak belia. Sasaran kami adalah pelajar, sebab mereka sudah harus memiliki imajinasi kewirausahaan sejak dini. Sehingga dapat mengembangkan visi dan misi hidup mereka kedepannya. Kegiatan ini sangat diapresiasi para dosen," ujar Novendy Arifin, ketua panitia penyelenggara, Jumat (12/4/2103).
 
Uniknya, kompetisi ini diikuti berbagai pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Batam. Dalam kompetisi ini, peserta dituntut membuat rencana bisnis, menciptakan produk asli dari hasil kreativitas mereka sendiri dan harus berbeda dan unik. Kekompakan bekerjasama dalam  tim dan strategi pemasaran produk menjadi penilaian plus tim juri. Jumat (5/4/2013) lalu, panitia sudah mengumumkan 10 finalis kompetisi ini.
 
"Dari 24 tim yang mendaftar saat workshop yang diadakan pada Jumat 15 Maret 2013 lalu, dipilihlah 20 tim melalui seleksi proposal. Ke-20 tim ini masuk ke babak penyisihan melalui tahap presentasi produk. Nah, dari situ, dipilih lagi 10 tim terbaik yang memenuhi kriteria para tim juri," jelas Novendy menambahkan.
 
Selanjutnya ke-10 tim finalis ini akan mengikuti bazaar pada Senin (22/4/2013) hingga Rabu (24/4/2013) mendatang secara bergiliran. Bazaar akan diselengggarakan pukul 17.00-20.30 WIB di kampus lingkungan UIB Sei Ladi Jodoh Batam. Nantinya, ke-10 finalis ini akan mendapatkan pinjaman modal sebesar Rp 200 ribu. Sedangkan bazaarnya terbuka untuk masyarakat umum.
 
"Kompetisi ini sangat bagus, selain untuk menjalin hubungan baik dengan sekolah-sekolah di Batam, kompetisi ini diharapkan bisa menjadi wadah kreativitas para pelajar di bidang kewirausahaan. Semoga kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat Batam dan Kepri," harap Kristie Onasis, Ketua HMPS Manajemen UIB.
 
Dikatakannya, kepekaan generasi muda akan pentingnya merancang masa depan sejak dini sudah ditunjukkan oleh mahasiswa UIB dengan cara membuat kompetisi seperti ini. Selama kegiatan berlangsung, kompetisi ini sudah didukung oleh beberapa instansi dan perusahaan, diantaranya ATB, BPR Kepri, Pasific hotel, dan Wisley.
 
Harapannya, dengan kegiatan ini bisa memancing daya kerja otak kanan untuk berkreasi dan menciptakan sebuah mahakarya yang paling spektakuler. Hal ini telah terbukti selama kompetisi berlangsung, hasil pemikiran dan imajinasi bisnis yang dimiliki oleh para pelajar dapat dituangkan dalam kompetisi ini.
 
Sebelum bazaar diselenggarakan nantinya, panitia membuka kesempatan kerja sama dengan instansi, perusahaan, atau pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lainnya. Mereka yang ingin berpartisipasi dalam acara ini bisa menghubungi panitia melalui telepon 0899-558-9896.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Batam
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1663952 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas