Rabu, 28 Januari 2015
Tribunnews.com

UIB Enterpreneurship Competition, Mengubah Mahasiswa Jadi Pengusaha

Sabtu, 13 April 2013 09:45 WIB

Laporan Wartawan Tribun Batam, Candra P Pusponegoro

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Anda pernah mendengar pizza portal, empuk-empuk tak bertulang, kulink-kulink, tahoo rasa, dodol buah naga, bengkel rainbow, top, telur asin, tiung cillieuk lancang kuning, dan cassava coklut?

Istilah ini merupakan imajinasi bisnis muda-mudi yang mengikuti kompetisi di Universitas Internasional Batam (UIB) baru-baru ini.

Kompetisi ini bertemakan Universitas International Batam Enterpreneurship Competition. Penyelenggaranya himpunan mahasiswa manajemen dan tim dosen Leadership & Entrepeneurship Development (LED). Acara diselenggarakan sejak 15 Maret hingga 25 April 2013 mendatang.

"Kompetisi ini kami kemas sebagai bentuk kepedulian UIB terhadap jiwa kewirausahaan di masyarakat yang seharusnya perlu ditanamkan sejak belia. Sasaran kami adalah pelajar, sebab mereka sudah harus memiliki imajinasi kewirausahaan sejak dini. Sehingga dapat mengembangkan visi dan misi hidup mereka kedepannya. Kegiatan ini sangat diapresiasi para dosen," ujar Novendy Arifin, ketua panitia penyelenggara, Jumat (12/4/2103).

Uniknya, kompetisi ini diikuti berbagai pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Batam. Dalam kompetisi ini, peserta dituntut membuat rencana bisnis, menciptakan produk asli dari hasil kreativitas mereka sendiri dan harus berbeda dan unik. Kekompakan bekerjasama dalam  tim dan strategi pemasaran produk menjadi penilaian plus tim juri. Jumat (5/4/2013) lalu, panitia sudah mengumumkan 10 finalis kompetisi ini.

"Dari 24 tim yang mendaftar saat workshop yang diadakan pada Jumat 15 Maret 2013 lalu, dipilihlah 20 tim melalui seleksi proposal. Ke-20 tim ini masuk ke babak penyisihan melalui tahap presentasi produk. Nah, dari situ, dipilih lagi 10 tim terbaik yang memenuhi kriteria para tim juri," jelas Novendy menambahkan.

Halaman12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Batam
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas