• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 22 September 2014
Tribunnews.com

Keuangan Maros Masih WDP

Senin, 15 April 2013 16:10 WIB
Keuangan Maros Masih WDP
ilustrasi


Laporan Wartawan Tribun Timur Muthmainnah Amri

TRIBUNNEWS.COM MAROS, -Kabupaten Maros meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sulsel atas laporan hasil pemeriksaan (LHP) tahun anggaran 2012, Senin (15/4/2013). Opini ini diumumkan Kepala BPK perwakilan Sulsel H Cornell Syarief saat penyerahan LHP keuangan Pemerintah Kabupaten Maros di kantor BPK RI perwakilan Sulsel.

LHP laporan keuangan tahun 2012 ini merupakan tahun kedua, dimana Maros meraih WDP. Tahun lalu untuk pertama kalinya Pemkab Maros berhasil meraih WDP setelah enam tahun berturut-turut meraih opini disclaimer atas laporan hasil pemeriksaan.

Bupati Maros M Hatta Rahman mengatakan pihaknya bersyukur dengan opini WDP yang telah diraih oleh Maros. Hatta menuturkan Maros telah berusaha keras merubah mindset, menertibkan administrasi dan pola kerja yang semakin baik.

"Kami membuat sistem yang terbaik, membuat schedule anggaran. Tahun lalu, semua SKPD melaporkan realisasi pertanggungjawaban setiap dua bulan. Kami senantiasa melakukan upaya-upaya terbaik seperti waktu, kualitas dan penyajiannya," ujarnya.

Kepala BPK RI perwakilan Sulsel R Cornell Syarief menuturkan persoalan utama Kabupaten Maros belum bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah unsur asset daerah. Asset tetap yang disajikan adalah nilai asset berdasarkan hasil inventarisasi dan revaluasi. Ditambah lagi realisasi belanja modal tahun anggaran 2012 terdapat penambahan sebesar Rp 230 miliar yang diantaranya penambahan Rp 69 miliar dan pengurangan Rp 3,2 miliar tidak dapat dijelaskan rinciannya dan penyebab terjadinya.

"Selain itu masih ada 7 dari 22 SKPD yang persediaannya belum tertib. Pencatatan atas mutasi persediaan belum diadministrasikan dengan baik. Sehingga tidak dapat dilakukan perhitungan mundur untuk meyakini saldo persediaan," jelas Cornell, Senin (15/4/2013). 

Namun Cornell mengakui perubahan besar telah terjadi pada kabupaten Maros. Upaya untuk terus memperbaiki keuangan tersebut diapresiasi oleh BPK. "Auditor saya mengakui Maros sudah bagus, pemeriksaannya enak," ujarnya.

Kabupaten Maros meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sulsel atas laporan hasil pemeriksaan (LHP) tahun anggaran 2012. Opini ini diumumkan Cornell saat penyerahan LHP keuangan Pemerintah Kabupaten Maros di kantor BPK RI perwakilan Sulsel.

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1671722 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas