Sabtu, 29 November 2014
Tribunnews.com

Tidak Ada Manipulasi UN 2013

Senin, 15 April 2013 12:33 WIB

Tidak Ada Manipulasi UN 2013
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Suasana para siswa siswi yang mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2012-2013 tingkat SLTA di Madrasah Aliyah Negeri 4, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2013). Dinas pendidikan menyiapkan tenaga pengawas Independent untuk melakukan monitoring jalannya UN, sekaligus memastikan tidak ada kejanggalan atau kecurangan disekolah penyelenggara saat pelaksanaan UN, dan jika menemukan adanya kecurangan, bisa langsung melaporkan ke ketua Tim Pengawas Independent (TPI) untuk menindak lanjutinya. (Tribun Jakarta/Jeprima)

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 dipastikan tidak bisa dimanipulasi. Karena naskah soal UN tahun ini terdapat 20 jenis dan ber-barcode.

Demikian diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai memantau pelaksanaan UN 2013 di SMAN 8 dan SMKN 3 Jalan Solontongan, Senin (15/4/2013).

Menurut Heryawan, sistem pelaksanaan UN tahun ini lebih disempurnakan dengan adanya 20 jenis soal dan berbarcode. Dengan cara seperti ini tidak akan ada soal-soal yang bisa dimanipulasi. Termasuk bisa mencegah siswa saling mencontek jawaban.

"Bagaimana mau saling mencontek atau menyamakan jawaban, satu siswa satu jenis soal. Kalau mau contek masa mau ke kelas sebelah. Jadi insya Allah, UN tahun ini lebih baik lagi. Jangan percaya dengan hal-hal yang tidak jelas kebenarannya," katanya.

Ia juga mengatakan, pihaknya berharap kelulusan UN di Jabar tahun ini bisa mencapai 100 persen. Karena ia berharap pendidikan di Jawa Barat semakin baik. (tif)

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas