• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 28 Agustus 2014
Tribunnews.com

Mantan GAM Gerilya ke DPR RI

Kamis, 18 April 2013 15:08 WIB
Mantan GAM Gerilya ke DPR RI
SERAMBI Banda Aceh/BUDI FATRIA
Pemangku Wali Nanggroe, Malik Mahmud, bersama petinggi PA, dr Zaini Abdullah dan Ketua DPP Partai Aceh (PA), Muzakir Manaf berbincang saat menghadiri acara peringatan Milad GAM ke 35 di Makam Teuku Chik Di Tiro, Desa Mereu, Indrapuri, Aceh Besar, Minggu (4/12). Peringatan Milad ke 35 juga dihadiri mantan anggota dan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) serta ratusan masyarakat yang memadati Komplek Makam Teuku Chik Di Tiro itu. (SERAMBI/BUDI FATRIA)

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Sejumlah mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) masuk dalam daftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk DPR RI yang diusung partai politik berbasis nasional.

Informasi yang diterima Serambi (Tribunnews.com Network) dari beberapa parpol menjelaskan sejauh ini sudah ada beberapa parpol nasional yang positif dan komit mengusung calon anggota legislatif untuk tingkat DPR RI pada Pemilu 2014 yaitu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Aceh (PA) meskipun saat ini PA masih mencari partai nasional untuk berkoalisi. Namun PA menegaskan sudah mempersiapkan calon-calon dari kader terbaiknya untuk diajukan ke partai nasional dalam pemilu legislatif tingkat DPR RI.

Ketua DPW PKB Aceh, Irmawan menegaskan pihaknya sudah menerima beberapa calon dari aktivis GAM untuk diajukan ke DPP pada pemilu legislatif tingkat DPR RI.

"Sekarang sudah masuk dalam bursa bakal calon dan segera akan diajukan ke DPP PKB di Jakarta," kata Irmawan saat dikonfirmasi Serambi, Rabu (18/4/2013) kemarin.

Dikatakan, sejumlah nama caleg yang masuk ke DPW saat ini sudah dikirim ke DPP PKB untuk disahkan. Dijadwalkan PKB akan mendaftar caleg untuk DPR RI dari Aceh ke KPU Pusat pada 20 April.

Menurut Irmawan, caleg PKB yang berasal dari kalangan mantan GAM merupakan mereka yang telah bergelut banyak dalam bidang politik, termasuk saat Aceh masih terjadi konflik.

"Kita harapkan mereka bisa membawa aspirasi rakyat Aceh karena memang mereka adalah orang-orang yang sudah banyak tahu tentang persoalan Aceh," jelasnya.

Sementara PKS Aceh juga mengajukan nama tokoh yang tidak asing lagi bagi masyarakat, seperti Nasir Djamil, Raihan Iskandar, Khairul Amal, serta mantan kombatan GAM, Zamzami A Rani yang sering disebut Abu Tausi, yang juga mantan Wakil Bupati Aceh Jaya.

Hal yang sama juga diungkapkan Sekjen Partai Aceh, Mukhlis Basyah. Menurut Mukhlis, pihaknya belum memutuskan partai mana yang akan mengusung kader-kader partai lokal itu untuk dicalonkan sebagai anggota DPR RI.

"Sejauh ini kita belum menentukan partai mana. Tapi yang jelas arah ke sana sudah ada dan sudah dipersiapkan," ujarnya.

Menurut Mukhlis, kini proses rekrutmen caleg sedang dimatangkan dan sudah dalam tahap finaslisasi.

"Berapa jumlahnya dan siapa saja, nanti akan kita umumkan di waktu yang tepat," jelasnya. (sar)

Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1684961 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas