• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

Tidak Lulus Silahkan Gugat Mendiknas

Jumat, 19 April 2013 19:36 WIB
Tidak Lulus Silahkan Gugat Mendiknas
Ilustrasi pelaksanaan ujian nasional

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Doan Pardede

TRIBUNNEWS.COM SAMARINDA, - Terlambatnya paket soal Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA untuk beberapa sekolah di Samarinda, Jumat (19/4/2013) menandakan pelaksanaannya terkesan sangat dipaksakan. Pemerintah provinsi Kaltim melalui hasil rapat kordinasi (rakor) yang memutuskan UN tetap dilaksanakan pada Jumat (19/4/2013) terkesan hanya menyelamatkan muka pejabat - pejabat Kaltim di Jakarta. Demikian dikatakan M Choirul Huda, anggota Komisi IV DPRD Samarinda kepada Tribun, Jumat (19/4/2013).
 
Menurut Huda, akan adanya keterlambatan soal tiba di sekolah memang sudah bisa diprediksi semua pihak. Kondisi ini tentunya sangat mempengaruhi psikologis peserta dan hasil  UN nantinya.

"Ini hanya untuk menyenangkan pusat dan mengorbankan siswa. Katanya siap tapi soal tiba jam 9. Hasil ujian tidak akan maksimal. Nanti kita lihat saja berapa persen siswa yang lulus dan berapa yang tidak lulus. Bagi yang tidak lulus silahkan gugat Menteri Pendidikan karena dirugikan dengan carut - marutnya UN kali ini," tegas Huda.

Kondisi UN hari pertama ini menurutnya harus menjadi perhatian serius pihak - pihak terkait untuk mempersiapkan UN di hari Senin, Selasa dan Kamis mendatang.  Terutama percetakan dan distribusi, karena hari pertama yang hanya 1 mata pelajaran Matematika saja sudah kewalahan. Apalagi nanti dengan beberapa mata pelajaran sekaligus.

"Ini memang sudah menjadi preseden buruk sistem pendidikan kita. Sebenarnya kita sangat tidak setuju UN dipaksakan hari Jumat (19/4/2013)," katanya.

Pantauan tribunkaltim.co.id di beberapa sekolah, rata - rata sekolah yang dikunjungi memulai ujian diatas pukul 9 pagi. Seperti pemandangan di SMA 9 Samarinda di Jl RA Kartini Lempake, Samarinda Utara. Kendatipun hujan mengguyur dan air sempat setinggi lutut orang dewasa, 130 siswa peserta UN tetap datang tepat waktu pukul 7 pagi. Hanya saja, ujian baru bisa dilaksanakan pukul 9 pagi dikarenakan belum satupun soal yang tiba sesuai waktu yang ditentukan.

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Kaltim
0 KOMENTAR
1690502 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas