Sabtu, 28 Februari 2015
Tribunnews.com

Jadi Tersangka, Mantan Rektor Unsyiah: Ini Ada Keanehan

Sabtu, 20 April 2013 16:06 WIB

Jadi Tersangka, Mantan Rektor Unsyiah: Ini Ada Keanehan
net
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh menetapkan tiga tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) program beasiswa Pemerintah Aceh di Unsyiah sebesar Rp 3,6 miliar dari sumber APBA 2009-2010.

Ketiga tersangka tersebut masing-masing Prof DR Darni M Daud (mantan Rektor Unsyiah), Prof DR M Yusuf Azis (mantan Dekan FKIP Unsyiah), dan Mukhlis (Kepala Keuangan Program Cagurdacil).

Penetapan ketiga tersangka tersebut disampaikan Kasi Penkum/Humas Kejati Aceh, Amir Hamzah SH pada konferensi pers di Aula Kejati Aceh, Banda Aceh, Jumat (19/4/2013). Pihak penyidik Kejati Aceh menginisialkan ketiga tersangka itu masing-masing DD (Darni Daud), YA (Yusuf Azis), dan M (Mukhlis). Penetapan status ketiga tersangka, menurut Amir amzah sesuai surat
Kajati Aceh, TM Syahrizal MH.

Mantan Rektor Unsyiah, Prof Dr Darni M Daud MA menyatakan dirinya tetap menjunjung tinggi hukum yang berlaku dan akan menjalani proses terkait kasus yang sedang dihadapinya. Namun ia menilai ada keanehan dalam penetapan tersangka (terhadap dirinya) yang dilakukan jaksa penyidik dalam kasus dugaan korupsi Unsyiah tersebut.

"Saya belum tahu tentang status hukum terhadap saya. Kalau pun benar status itu sudah ada, saya belum mengetahui secara persis apa alasan jaksa menetapkan saya sebagai tersangka," kata Darni yang tadi malam menghubungi kembali Serambi (Tribunnews.com Network) via telepon selularnya.

Menurut Darni, dirinya selaku Rektor Unsyiah saat itu yang merupakan penanggung jawab umum dalam lingkungan universitas negeri tersebut benar adanya. Tetapi proses penarikan terhadap dana tersebut dilakukan oleh pengelola program. Untuk program JPD dilakukan oleh Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng dan program Gurdacil ditarik oleh Prof Dr M Yusuf Aziz MPd.

Penarikan uang tidak dilakukan begitu saja, katanya, tetapi melalui proses pengajuan dan usulan yang oleh pihak pengelola program kepada pihaknya sebagai rektor.

Halaman12
Editor: Dewi Agustina
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas