• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 Juli 2014
Tribunnews.com

PAN Target 20 Kursi di DPRD Provinsi Sulsel

Sabtu, 20 April 2013 19:33 WIB
PAN Target 20 Kursi di DPRD Provinsi Sulsel
net
PAN

Laporan Wartawan Tribun Timur, Rudhy

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Sulawesi Selatan (Sulsel) optimis bisa mendudukkan kadernya menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi untuk periode mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfy didampingi beberapa elit PAN lainnya, saat menyerahkan 85 daftar nama DCS untuk caleg provinsi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Sabtu (20/4/2013).

"Kita berharap dengan kader potensial yang dimiliki PAN saat ini, diharapkan 20 kursi bisa kita raih," ujarnya.

Menurutnya, ke 85 bacaleg tersebut, sebagian diantaranya didominasi wajah-wajah baru termasuk dari eksternal partai. Seperti Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), PDP, PBR dan masih banya partai lainnya.

"Tapi rata-rata dari mereka bukan incumbent," katanya.

Berdasarkan hasil penetapan DCS PAN Sulsel, enam legislator DPRD Sulsel dari partai berlambang matahari terbit itu tetap bertahan maju menjadi legislator. Mereka diantaranya Ashabul Kahfy, Doddy Amiruddin, Usman Lonta, Ilham Burhanuddin, Djamaluddin Djafar, dan Muhlis Panaungi.

Sementara Buhari Qahhar Mudzakkar, yang juga menjabat Sekretaris Jenderal DPW PAN maju caleg Senayan untuk dapil III, meliputi Pinrang, Sidrap, Enrekang, Toraja, Torut, Palopo, Luwu, Lutim dan Lutra.

Diketahui, Ashabul keluar dari bursa caleg Senayan di dapil I lantaran tak ingin bersaing dengan putri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, yakni Indira Chunda Tita Yasin Limpo.

Buhari Qahhar Mudzakkar menambahkan, setiap dapilnya DPW PAN menargetkan bisa mendapatkan 1 sampai 2 kursi.

"Namun khusus untuk dapil 6, kita target 3 kursi karena PAN memiliki lumbung suara besar di daerah Kabupaten Maros dan sekitarnya," kata Buhari mengaku dari 85 DCS yang diserahkan masih ada beberapa kader yang belum melengkapi berkas sebagai prasyarat jadi bacaleg DPRD Sulsel.

"Paling lambat semua kekurangan berkas rampung 22 April mendatang," katanya.

Dari 85 DCS, menurutnya 30 persen kuota perempuan sudah terpenuhi. Bahkan lebih dari standar yang ditentukan penyelenggara pemilu.

Ashabul menambahkan, dengan tokoh-tokoh muda dan kader yang baru PAN saat ini, diharapkan kursi yang dimiliki di parlemen Sulsel bisa naik alias bertambah dari pileg lalu.

Diketahui, PAN di DPRD Sulsel memiliki 7 kursi. "Makanya kita tetap optimis bisa meraih 20 kursi di dewan. Tentu, untuk mendapatkan kursi banyak kader dimita bekerja secara solid," tambahnya.

Humas KPU Sulsel Asrar Marlang membenarkan jika pihaknya baru saja menerima 85 DCS PAN Sulsel.

"Alhamdullilah sudah dua partai yang resmi mendaftarkan calegnya di KPU," ujar Asrar mengaku partai pendaftar pertama adalah PKS.

Adapun kelengkapan berkas para caleg tersebut, Asrar menambahkan saat ini pihaknya masih memeriksa segala persyaratan berkas 85 DCS PAN tersebut.

"Jika ada ditemukan tidak lengkap maka kita akan kembalikan," terangnya.

Asrar menambahkan untuk proses verifikasi berkas caleg secara keseluruh akan dimulai 23 April sampai 6 Mei mendatang.

Ditanya perihal Partai Golkar, Demokrat dan Hanura, dipastikan mendaftar, Minggu (21/4/2013) besok.

"Sementara Gerindra, NasDem, PKB dan PKPI belum jelas. Tapi biasanya mereka mendaftar pada saat detik-detik penutupan pendaftaran," katanya. (Rud)

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1693322 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas