• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribunnews.com

Telkomsel Sosialisasi Program Community

Minggu, 21 April 2013 18:46 WIB
Telkomsel Sosialisasi Program Community
TRIBUNNEWS.COM/HENDRA GUNAWAN
GraPARI Telkomsel

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Steven Greatness

* Dukung Kantin Sehat Sekolah

TRIBUNNEWS.COM , PONTIANAK - Telkomsel menggandeng pemerintahan Kecamatan Pontianak Barat mensosialisasikan layanan program Telkomsel Community kepada para guru pada acara program kantin sehat se-Kecamatan Pontianak Barat dan Program Web 2 SMS for Community Telkomsel di aula Kantor Camat, Jumat (19/4) sore.

Branch Manager Telkomsel Area Pontianak Barat, Anton, mengatakan layanan Web2SMS Community merupakan satu di antara layanan berbasis Web dan broadcast SMS Telkomsel yang ditujukan untuk komunitas yang ada di Indonesia. Dengan adanya layanan tersebut, pelanggan dapat melakukan broadcast SMS ke sesama pelanggan Telkomsel lainnya.

Ia memaparkan, SMS yang dikirim dapat di schedule dan sender ID yang muncul adalah alias yang telah didaftarkan sebelumnya dengan maksimal 11 karakter. Selain itu, setiap member wajib me-reply pertama kali untuk persetujuan menerima SMS dari komunitas tersebut, serta selanjutnya member akan menerima SMS tanpa me-reply ulang.

"Layanan ini ditujukan untuk komunitas yang ada di Indonesia termasuk sekolah. Layanan PIC komunitas menggunakan kartu Halo dan sebagai member komunitas adalah pelanggan Telkomsel. Anggota member di-upload dan menjadi tanggungjawab PIC, bukan dari Telkomsel," ujarnya.

Sementara itu, untuk tarif berlangganan Web2SMS Community diberikan pilihan paket free
1.000 SMS dan free 200 SMS per bulan. Paket free 1.000 SMS per bulan dikenakan tarif bulanan sebesar Rp 50 ribu ditagih ke invoice PIC yang berlangganan, tarif kelebihan SMS Rp 50 per SMS. Sedngkan Paket free 200 SMS per bulan dikenakan tarif bulanan Rp 12 ribu ditagih ke invoice PIC yang berlangganan, dan tarif kelebihan SMS sebesar Rp 50 per SMS.

Selain layanan Web2SMS Community, Telkomsel juga sosialisasi layanan program Closed User Group (CUG). Program ini memberikan fasilitas telpon dan SMS ke teman sepuasnya 24 jam selama 30 hari. Program CUG memiliki dua paket yaitu Paket Data Low Denom dan Paket Combo.

Paket Data Low Denom sebesar Rp 500 per hari dan free 2 MB Data dapat diaktivasi dengan cara *232*2# dan Paket Combo dikenakan biaya Rp 1.000 per hari, free telpon 10 menit, 100 SMS, serta 1 MB Data dapat diaktivasi melalui *232*3#.

"Sedangkan untuk menikmati telpon dan SMS ke teman komunitas sepuasnya 24 jam selama 30 hari, cukup Rp 10 ribu dan bonus pulsa Rp 5 ribu aktif hingga 30 hari," tuturnya.

Menurut Anton, selama melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah tentang CUG maupun Web2SMS Community, pihak sekolah baik kepala sekolah maupun para siswa memberikan respon yang luar biasa. Apalagi komunikasi semakin berkembang dengan tarif yang sangat murah, kendati kartu perdananya tidak dijual di outlet tapi hanya ada di grapari Telkomsel.

Dikatakanya, program CUG merupakan program yang sudah lama dan hanya untuk korporate tapi sekarang ini ke masyarakat dan mulai booming sejak Maret lalu. Meskipun banyak komunitas yang terganbung, Anto menjamin tidak akan menganggu network jaringan Telkomsel.

"Network untuk 2013 ini sedang ada penambahan semua repeter maupun BTS, karena itu jangan takut dengan masalah overload pemakaian. Karena kita sudah siapkan strategi untuk di jaringan," tandasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Sekretaris Camat Pontianak Barat, Ismail AR, menyambut positif kegiatan sosialisasi yang dilakukan Telkomsel, baik program komunitas maupun kantin sehat. Karena menurutnya Web2SMS for Community dan CUG merupakan satu terobosan komunikasi dalam komunitas.

"Sebagai contoh di sekolahan diperlukan komunikasi yang intensif antara pihak sekolah yaitu kepala sekolah, guru dan orangtua murid. Dulu melalui rapat dengan ortu, sekarang dengan adanya teknologi yang baik dinamika anak juga berkembang. Karena adanya komunikasi yang intensif antara sekolah dan orangtua," ujarnya.

Ia berharap, komunitas Telkomsel tidak hanya dimanfaatkan oleh pihak sekolah tapi juga bisa dilakukan di lingkungan pemerintah seperti lurah dengan para ketua RT di wilayahnya. Selain itu, Ismail juga menyambut baik atas dukungan Telkomsel yang bersedia bermitra dengan pemerintahan Kecamatan Pontianak Barat untuk mensosialisasikan program kantin sehat sebagai bagian dari CSR Telkomsel. 

"Karena terbentur dengan anggaran yang belum terakomodir maka kita gandeng dengan CSR Telkomsel. Bersama Telkomsel kita mulai merancang dan membenahi melalui sosialisasi serta komitmen bersama kecamatan, UPDT Puskemas, UPDT Pembinaan Sekolah, dan kepala sekolah melakukan aksi yang nyata," katanya. (sgt)

Editor: Budi Prasetyo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas