• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

Jelang UN SMP, Tiga Institusi Pegang Gembok

Senin, 22 April 2013 02:57 WIB
Jelang UN SMP, Tiga Institusi Pegang Gembok
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sejumlah panitia menurunkan dus berisi soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs dari dalam truk tronton di SMPN 9 Bandung, Jalan Semar, Kota Bandung, Minggu (21/4/2013). Pendistribusian soal UN untuk Kota Bandung sebanyak 994 dus ini langsung didistribusikan ke 16 sub rayon yang ada di Kota Bandung untuk pelaksanaan UN yang akan dimulai Senin (22/4/2013).

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Senin (22/4/2013), sebanyak 49.926 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti ujian nasional (UN) tahun 2013. Ketua Pelaksana UN Provinsi Jambi Abdul Mukti mengatakan untuk pendistribusian soal UN SLTP se-derajat di Provinsi Jambi tidak ada masalah.

Tidak berbeda dengan naskah soal UN SLTA, naskah soal UN SLTP sederajat ini juga terdiri dari 20 paket soal dan pada Selasa kemarin telah sampai di Jambi, menurutnya sejak Jumat hingga Minggu kemarin soal tersebut sudah didistribusikan ke kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

"Mulai Jumat sudah kita distribusikan ke masing-masing daerah. Pendistribusian oleh PT Pos dengan pengawalan dari kepolisian dan Satpol PP," kata Abdul Mukti. Dan menurutnya soal tersebut telah sampai ke daerah masing-masing, "Sejauh ini tidak ada kekurangan," katanya.

Untuk menjaga keamanan dan kerahasiaannya, dikatakan Mukti sesampai di daerah naskah soal itu diamankan di masing-masing Polsek yang terdekat dengan sekolah penyelenggara UN.

"Naskah soal dijaga ketat dan digembok tiga. Dan kuncinya gemboknya masing-masing dipegang tiga institusi, yakni dari Dinas Pendidikan, Perguruan Tinggi dan Aparat Kepolisian. Tapi untuk soal UN SMP ini hanya dinas pendidikan dan kepolisian. Karena perguruan tinggi tidak menurunkan tim akibat ketiadaan dana," kata pria yang juga Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Jambi ini.

Meskipun tanpa keikutsertaan pihak perguruan tinggi Mukti mengatakan tidak akan menganggu proses pengamanan yang telah dilakukan. Pihak Diknas Provinsi pun menurut Mukti telah menurunkan sebanyak 140 orang petugas yang tergabung di tim monitoring yang saat ini telah berada di Kabupaten/kota.

Untuk pelaksanaan UN kali ini, Mukti mengatakan pendistribusian soal dibagi dalam empat zona, yakni zona 1 meliputi Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci. Zona II ialah Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tebo dan Kabupaten Bungo.

Selanjutnya untuk zona III Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Kabupaten Tanjungjabung Timur, sedangkan Zona IV meliputi wilayah Kota Jambi.

UN SLTP sederajat di Provinsi Jambi ini bakal diikitui sebanyak 49.926 peserta. Dengan rincian peserta SMP sebanyak 36.472 siswa, MTS 13.130 siswa, SMP terbuka 324 siswa dan SMP Luar Biasa sebanyak 54.(dot/zha)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jambi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1697141 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas