Minggu, 5 Juli 2015
Tribunnews.com

Warga dan Relawan Bersihkan Reruntuhan Gempa

Senin, 22 April 2013 17:30 WIB

Warga dan Relawan Bersihkan Reruntuhan Gempa
Situasi Selesai Gempa yang terjadi di Dieng

TRIBUNNEWS.COM BANJARNEGARA,  - Ratusan warga dibantu relawan berjibaku melakukan kerjabakti membersihkan puing reruntuhan akibat gempa bumi di desa-desa Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin (22/4/2013). Hingga saat ini petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara masih melakukan pendataan kerusakan akibat gempa Jumat (19/4) malam.

Keterangan yang dihimpun kerjabakti sepanjang Senin kemarin dilakukan di Desa Sumberejo, Kepakisan dan Pekasiran. Selain kerjabakti, relawan juga membangun tenda dapur umum untuk warga yang rumahnya rusak dan mengungsi akibat gempa. Senin kemarin, petugas dari tim dapur umum membuat 1.400 nasi bungkus untuk dua kali makan relawan dan warga.

"Ada sekitar 700 orang yang melakukan kerjabakti," kata anggota Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP Kabupaten Temanggung, Sutikno yang melakukan kegiatan di Desa Kepucukan.

Ia menambahkan, di desa tersebut ada 170 rumah rusak dan 20 rumah diantaranya roboh tak bisa ditempati. Warga yang rumahnya rusak kata Sutikno, sebagian tinggal menumpang di rumah saudara.

"Rumah warga yang roboh rata-rata terbuat dari batako sehingga remuk terkena guncangan gempa," lanjut Sutikno yang saat Tragedi Sinila 1979 menjabat kepala desa Kepucukan.

Menurutnya, korban gempa di lapangan membutuhkan bantuan material untuk melakukan perbaikan rumah. Disebutkan material yang dibutuhkan antara lain seng, dan paku, semen.

Halaman12
Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas