• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 28 Agustus 2014
Tribunnews.com

9 Motor Dirusak, 22 Ribu Mahasiswa UMI Diliburkan

Selasa, 23 April 2013 01:44 WIB
9 Motor Dirusak, 22 Ribu Mahasiswa UMI Diliburkan
TRIBUN JAKARTA/ERI KOMAR SINAGA

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Pihak rektorat Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, memutuskan meliburkan sekitar 22 ribu mahasiswanya menyusul insiden pengrusakan dan pembakaran 9 unit motor di Kampus II UMI, Jl Urip Sumiharjo, Makassar, Senin (22/4/2013).

"Iya, kami liburkan selama dua hari," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMI Makassar, Prof Dr Ahmad Gani, Senin (22/4) malam kepada Tribun.

Pihak rektorat menyebutkan, masa libur mulai berlaku Rabu (22/4/2013) hingga Kamis (23/4/2013) mendatang. Selama dua hari aktivitas di 12 fakultas dan 34 program studi ditiadakan.

Keputusan meliburkan mahasiswa ini juga, kata Gani sebegi bentuk penghormatan untuk menggelar zikir bersama menjelang peringatan 17 Tahun peristiwa April Berdarah (Amarah), Jumat (24/4/2013) mendatang.

Pihak kampus menegaskan, menyerahkan sepenuhnya penanganan insiden pengrusakan di kampus UMI, kemarin, kepada aparat kepolisian untuk mengusut tuntas penyerangan itu.

Hingga tadi malam, atau sekitar 4 jam usai insiden penyerangan puiluhan kelompok bermotor ke dalam kampus universitas swasta terbesar di Makassar ini, aparat berseragam masih berjaga.

Akibat kejadian itu, sejumlah titik di kampus sempat mencekam. Sebelum melakukan pembakaran sekelompok orang dari salah satu daerah melakukan penyisiran di dalam kampus dan membakar serta merusak sepeda motor yang terparkir di dalam kampus UMI.

Informasi yang dihimoun Tribun, sebanyak 100 orang lebih masuk ke dalam kampus dengan mengendarai sepeda motor. Diantara pelaku dua  pelaku mengendarai sepeda motor dengan DD 3881 dan DP 2032 HD masing masing honda beat masuk ke dalam kampus melalui pintu dua dan memarkir kendaraanya.

Usai pengrusakan, para pelaku kemudian membakar dua unit motor yang diparkir di depan kampus. Pelaku masuk mencari mahasiswa, yang diduga ikut menjadi penyebab tewasnya Geis Satiawan (21) mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2010, UMI Makassar.

Dari laporan polisi, Geis, tewas setelah ditikam orang tak dikenal di Jl Racing Center, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Minggu (21/04/13).

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Endi Sutendi, dikonfirmasi membenarkan adanya sekelompok yang melakukan pembakaran motor di depan kampus UMI.

Hanya saja Endi enggan menyebut kelompok yang melakukan pembakaan dan perusakan enam sepeda motor di kampus tersebut." Masih dilidik de," ungkapnya, Senin (22/4/2013).

Menanggapi peristiwa pembakaran sepeda motor milik mahasiswa UMI, Ahmad mengatakan, pelakunya bukanlah mahasiswa UMI melainkan orang luar yang masuk dalam kampus melakukan kekacauan dan merusak fasilitas kampus seperti yang terjadi di Fakultas Fermasi. (ziz)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1700982 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas