Minggu, 1 Februari 2015
Tribunnews.com

Mahasiswa Jadi Caleg Termuda di Bandung

Selasa, 23 April 2013 03:04 WIB

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Parpol peserta Pemilu 2014 rata-rata mematok perolehan kursi DPRD Jabar sebanyak 20 kursi. Partai Demokrat, PAN, Hanura, PDIP, PPP, merupakan sederet parpol yang menargetkan perolehan suara sebanyak 20 persen di Jawa Barat.

Kursi DPRD Jabar sendiri berjumlah 100 kursi. Hari terakhir pada Senin (22/4/2013) kemarin, sembilan dari 12 parpol telah mendaftarkan bakal calegnya. Sebelumnya PKS, PDIP, dan Partai Demokrat telah lebih dulu mendaftarkan bakal calegnya ke KPU Jabar.

"Targetnya 20 kursi, mudah-mudahan bisa terlampaui," kata Ketua DPW PAN Jabar, Edi Darnadi, di Kantor KPU Jabar, kemarin. Bacaleg PAN untuk DPRD Provinsi Jabar terdiri dari 61 orang laki-laki, dan 39 orang perempuan, bacaleg termuda adalah Amelia Rida (21), dan tertua Ina Martina (65).

Ketua DPD Partai Demokrat, Iwan R Sulandjana juga menargetkan perolehan 20 persen suara. Ketua DPD Partai Hanura Jabar, Azhar Aung, juga manargetkan mampu meraih 20 kursi di DPRD Jabar.

Di kursi DPD, Pelawak Oni Suwarman alias Oni SOS dan Jumono seorang penyandang cacat ikut mendaftar sebagai calon anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) dari Jabar. Keduanya mendaftar ke KPU Jabar di hari terakhir.

Jumono mengatakan, ia mendaftar dengan membawa berkas dukungan sekitar 5.200 foto copy KTP dari 19 Kabupaten/Kota. Sekitar 70 persen dari dukungan itu berasal dari penyandang disabilitas.

Di KPU Kota Bandung, tradisi mendaftar di hari terakhir membuat 8 partai  harus antri di KPU Kota Bandung, Senin (22/4), untuk menyampaikan daftar bakal calon legislatif mereka. Hingga tengah hari, 4 partai selesai dilayani dan 4 sisanya dilayani tengah hari sampai sore pukul 16.00 sesuai batas waktu yang ditetapkan sejak semula. Hingga tengah hari, berturut-turut 4 partai melakukan pendaftaran, yakni Partai Golkar, PPP, PDIP dan Partai Nasdem. Sedang pada gelombang kedua lewat tengah hari, berturut-turut mendaftar PKPI, PKB, Partai Hanura dan terakhir adalah Partai Gerindra.

Halaman12
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas