• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 29 Agustus 2014
Tribunnews.com

30 Penari Ikuti Pekan Budaya Dayak di Jakarta

Rabu, 24 April 2013 08:52 WIB
30 Penari Ikuti Pekan Budaya Dayak di Jakarta
Tribun Pontianak/Galih Nofrio Nanda
Ilustrasi para penari dayak

TRIBUNNEWS.COM,PALANGKARAYA-- Pemerintah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mengirim sebanyak 30 orang penari untuk mengikuti Pekan Budaya Dayak tahun 2013 yang akan di gelar di Istora Bung Karno, Jakarta, 27 April 2013 mendatang.

Sekdako Palangkaraya, Sanijan S Toembak, Selasa (23/4) kemarin mengatakan, pelaksanaan kegiatan pekan budaya dayak tersebut, direncanakan akan di buka langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan akan di hadiri oleh Empat Gubernur se Kalimantan, karena kegiatan tersebut merupakan usulan dari empat gubernur tersebut.

"Kota Palangkaraya akan mengirim sebanyak 30 orang personil, termasuk penari dayak, untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam pekan budaya dayak Kalimantan di Jakarta tersebut," ujarnya.

"Kami berharap dengan adanya pekan budaya dayak yang baru pertama kali di gelar di Jakarta tersebut akan menghilangkan image, bahwa orang Kalimantan itu primitif, sehingga perlu adanya promosi kebudayaan daerah seperti tarian daerah dan pakaian daerah serta motif daerah lainnya," kata Sanjian.

Dikatakan, tiga puluh personil dari Palangkaraya yang akan dikirim tersebut nantinya sudah melalui seleksi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangkaraya, sehingga tentu mereka yang dikirim merupakan putra dan putri terbaik Palangkaraya yang selama ini, sering mengikuti kegiatan budaya lokal, nasional hingga internasional.

Sesuai undangan yang ada, kegiatan tersebut akan di buka oleh Presiden RI beserta Ibu Hj Ani Yudhoyono yang nantinya ketika berada di lokasi akan di sambut oleh Gubernur Kalteng, selaku Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), juga disambut oleh Gubernur Kalsel, Kalbar dan Kaltim serta Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Gelora Bung Karno.

Kegiatan dalam pekan budaya dayak tersebut, berisi tarian massal kolaborasi empat Provinsi di Kalimantan, pawai budaya dengan menggunakan pakaian adat dayak masing-masing motif pada empat Provinsi di Kalimantan.

Kemudian, pameran kebudayaan yang akan menampilkan kerajinan khas daerah masing-masing provinsi yang ada di Kalimantan, kegiatan tersebut akan digelar selama tiga hari.

Editor: Rachmat Hidayat
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1705882 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas