• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribunnews.com

Biaya Caleg di Daerah Saja Minimal Rp 300 Juta

Rabu, 24 April 2013 01:26 WIB
Biaya Caleg di Daerah Saja Minimal Rp 300 Juta
Warta Kota/Henry Lopulalan
Sejumlah pengurus DPP Partai Gerindra menyerahkan berkas daftar bakal calon legislatif sementara kepada petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2013). Hari Senin ini merupakan hari terakhir partai politik (parpol) menyerahkan daftar caleg ke KPU.

TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG - Biaya menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPRD minimal Rp 300 juta. Biaya sebesar itu harus disiapkan oleh calon anggota dewan untuk berbagai keperluan sejak mencalonkan sampai hari-H pemungutan suara.

"Dengan sistem pemilihan langsung untuk meraih suara terbanyak seperti sekarang memang biaya menjadi caleg sangat besar," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP, Atang Setiawan, di Gedung DPRD Kabupaten Sumedang, Selasa (23/4/2013).

Menurut Atang, besarnya biaya yang dikeluarkan memang relatif. "Setiap caleg tentu berbeda- beda, tapi rata-rata minimal bisa mencapai Rp 300 jutaan," kata Atang, yang juga Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

Ia mengatakan, biaya itu diperlukan untuk kebutuhan terukur, seperti pemeriksaan kesehatan, biaya melatih dan honor saksi sampai membeli atribut untuk kampanye. "Belum lagi biaya untuk membuat jaringan sampai memelihara jaringan atau konstituen yang besarnya tak bisa diukur," kata caleg PDIP nomor urut satu untuk daerah pemilihan Situraja, Cisitu, Darmaraja, Cibugel, Wado, dan Jatinunggal ini.

Hal yang sama ditegaskan Idad Istidat, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Sumedang yang juga caleg dari PKB. "Untuk memelihara konstituen itu, biaya tak bisa dipatok. Bahkan bukan hanya satu suara, tapi harus satu keluarga," katanya.
Idad, yang mencalonkan di Sumedang Utara, Sumedang Selatan, dan Ganeas, mengatakan, untuk memelihara kostituen itu biayanya bisa berlipat. "Sebab kadang kala ada konstituen yang sudah dipelihara itu diganggu oleh caleg lain sehingga harus mendapat perhatian yang lebih," katanya.

Saat ini ada 552 caleg yang akan bertarung dalam pemilu 2014. Bahkan beberapa anggota DPRD Kabupaten Sumedang mengaku saat pemilu 2009 sudah ada yang menghabiskan dana Rp 500 juta dan tak tertutup kemungkinan untuk pemilu 2014 bisa di atas Rp 500 juta.

Sekadar catatan, gaji sebagai anggota DPRD di Sumedang mencapai Rp 12 jutaan per bulan. Dalam satu tahun mendapat Rp 144 juta dan dalam lima tahun Rp 720 jutaan. (std)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
1705141 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Humisar Hutagalung-Rabu, 24 April 2013 Laporkan
    kalo ditambah amunisi serangan fajar serta operasional para komando menjelang perang bs sampai 1M. Tapi biasanya modal bisa kembali minimal 20x lipat apalagi kalo sampai duduk dikomisi yg membidangi anggaran.
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas