• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 28 Agustus 2014
Tribunnews.com

Istri Wakil Wali Kota Yogya Calon Legislatif PDIP

Rabu, 24 April 2013 09:11 WIB
Istri Wakil Wali Kota Yogya Calon Legislatif PDIP
Istimewa
Logo PDIP

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Pertarungan politik Yogyakarta turut diramaikan oleh istri seorang kepala daerah di Kota Yogyakarta. Tercatat, istri Wakil Wali Kota Yogyakarta Imam Priyono, Suryani, ikut mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kota Yogyakarta dari PDI P. Ia mendaftar saat hari terakhir masa pendaftaran bacaleg, Senin (22/4/2013).

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Yogyakarta, Danang Rudyatmoko mengatakan sosok Suryani akan maju mewakili Dapil III (Tegalrejo, Jetis, Gedongtengen) dengan nomor urut 2.

"Sudah diputuskan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Suryani telah menjadi kader PDIP sejak 1999 dan kini menjabat sebagai bendahara DPC PDIP Yogyakarta periode 2010 - 2015.

Beliau juga memiliki latar belakang pendidikan kompetensi yang memadai untuk meraih kursi dewan," ujar Danang kepada Tribun Jogja (Tribunnews.com Network), Selasa (23/4/2013).

Diusung oleh parpol terbesar di Kota Yogyakarta, Suryani berpeluang besar menggaet posisi Ketua DPRD Kota Yogyakarta pada periode berikutnya.

Sesuai Peraturan DPRD Kota Yogyakarta Nomor 02 /DPRD/Tahun 2009 Tentang Tata Tertib dijelaskan bahwa Ketua DPRD berasal dari partai politik dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD sekaligus memperoleh suara terbanyak.

Pada periode 2009-2014, jabatan Ketua DPRD Kota Yogyakarta juga dipegang oleh fraksi PDIP yang memperoleh 13 kursi dari total 40 kursi yang ada di dewan.

Jabatan tersebut dipegang oleh Henry Koencoroyekti. Ia merupakan politikus PDIP yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) I yakni Kecamatan Mantrijeron, Kraton dan Mergangsan.

Namun karena sudah menjabat dua periode sejak 2004, Henry kini mencalonkan diri sebagai bakal calon legislatif DPRD DIY melalui Dapil Sleman Utara.

Selain Suryani, DPC PDIP Kota Yogyakarta telah menyiapkan 14 bacaleg perempuan lainnya terdiri dari masing-masing tiga orang di Dapil I, II dan III, dua orang di Dapil IV serta empat orang bacaleg wanita di Dapil V.

Khusus di Dapil IV, DPC PDIP belum memenuhi target kuota perempuan di Dapil tersebut yakni minimal tiga orang karena masih kekurangan bacaleg wanita. Namun pada masa perbaikan, DPC PDIP Yogyakarta telah menyiapkan penambahan bacaleg untuk memenuhi kuota maksimal kursi di dewan.

"Kami menargetkan perolehan 15 kursi dari total 40 kursi di DPRD Kota Yogyakarta pada Pemilu berikutnya," imbuhnya.

Namun, Danang menampik jika ia menentukan salah satu bacaleg wanita unggulan. "Semua diandalkan," tandasnya.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jogja
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1705931 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas