Minggu, 1 Februari 2015
Tribunnews.com

KDRT Juga Bisa Menimpa Suami

Jumat, 26 April 2013 15:59 WIB

TRIBUNNEWS.COM  PURBALINGGA,  - ”Apakah kekerasan rumah tangga hanya menimpa wanita atau istri saja? Padahal, sebenarnya banyak juga kasus suami yang mendapat perlakukan kekerasan dari istrinya,” tanya Suswoto. Pertanyaan lugu warga Desa Karangnangka, Kecamatan Bukateja itu muncul saat diadakan penyuluhan hukum di desa setempat oleh Bagian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) Setda Purbalingga, Jumat (26/4) kemarin.

Suswoto menyampaikan, tindakan kekerasan rumah tangga seolah hanya menimpa istri atau sang anak. Tetapi fakta di lapangan ada kekerasan yang menimpa suami. Istri yang lebih ’menguasai’ rumah tangga, malah seringkali mengatur suami.

"Suami bisa mengalami tekanan batin," lanjutnya.

Mendapar pertanyaan itu, Kasubag Bantuan Hukum dan HAM Mochamad Taufik, SH tidak menampik adanya persoalan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) seperti itu. Taufik menegaskan, KDRT bisa terjadi kpada seluruh anggota keluarga, tidak terkecuali pada suami.

KDRT tidak hanya berupa fisik saja, tetapi juga kekerasan psikis,” ujar Taufik.

Dibagian lain Taufik menjelaskan, persoalan hukum di masyarakat menjadi hal menarik untuk diketahui. Hal itu selalu terungkap dalam beberapa kali penyuluhan yang digelar di sejumlah desa. Persoalan yang mengemuka kebanyakan soal hukum perkawinan dan hukum kewarisan.

Halaman12
Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas