Kamis, 27 November 2014
Tribunnews.com

Hujan Deras, Sungai di Binjai Meluap

Minggu, 28 April 2013 18:46 WIB

Hujan Deras, Sungai di Binjai Meluap
tribun Medan, M Azhari Tanjung
aliran sungai etrsebut tidak bisa mengalir karena banyaknya tumpukkan sampah makanan,

Laporan wartawan tribun Medan, M Azhari Tanjung

TRIBUNNEWS.COM , BINJAI - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi dikota Binjai belakangan hari ini membuat warga semakin resah akan terjadinya banjir.  Hal ini juga diperparah dengan rendahnya tingkat kesadaran warga yang kerap membuang sampah di sungai.

Hal ini tampak di sungai mencirim , bangkatan dan beberapa sungai lainnya , dimana aliran sungai etrsebut tidak bisa mengalir karena banyaknya tumpukkan sampah makanan, potongan kayu dan beberapa kotoran rumah tangga. Pemandangan seperti ini sudah sering terjadi sejak dua bulan  belakangan ini

"Sudah lama tumpukan kotoran itu menumpuk disitu. Lihat sendirilah, ada potongan kayu yang diduga megalir dari hulu," terang Samsul, salah seorang warga sekitar.

Hujan dengan intensitas tinggai belakangan hari ini membuat beberapa kelurahan di Binjai seperti di Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan dan Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota mengalami kebanjiran dna merendam pemukiman warga.

Ketinggian air pun beragam, mulai dari 30 sentimeter hingga satu meter lebih. Warga disanapun terlihat menyelamatkan barang-barang agar tidak terendam banjir. Hingga kini, warga selalu siaga sebab curah hujan belakangan tinggi dan selalu datang tiba-tiba.

“baru belakangan hari ini, banjir sering terjadi, dulunya ngak, sekarang kami takut, hujan sedikit langsung banjir dibuatnya, " jelas Rudi, salah seorang warga yang tinggal di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota.

Banjir yang terjadi, selain membuat warga siaga tampak beberapa warga di sana yang takut hujan turun lagi dan membuat debit air kembali naik mengungsi ke rumah tetangga  dan sanak family mereka yang lebih aman. Untuk menghidari dari genangan air sungai yang meluap, ada juga beberapa warga meninggikan bangunan untuk menghindari air masuk ke dalam rumah.

Atas banjir yang terjadi, warga berharap pemerintah Kota Binjai, bisa segera mengantisifasi bajir yang kerap dirasakan warga setiap musim penghujan.

"ya kita berharap, pemko segera mungkin menanggulangi banjir, dengan cara menggali sungai yang mulai dangkal dan membersihkan aliran bantaran sungai bangkatan,” harap warga sekitar. (ari/tribun-medan.com)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Medan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas