Uang Pangkal SMA Rp 45 Juta

Musim ajaran sudah berakhir. Ujian Nasional (UN) pun sudah berlalu.

Uang Pangkal SMA Rp 45 Juta
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) mengikuti Ujian Nasional (UN) di Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, di Makassar, Senin (15/4/2013). Sebanyak 5 siswa tuna rungu dan tuna daksa mengikuti ujian di hari pertama ini meski sempat terjadi kendala teknis menyangkut soal namun ujian tetap berjalan lancar.

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR -- Musim ajaran sudah berakhir. Ujian Nasional (UN) pun sudah berlalu. Siswa yang ikut UN telah berpesta. Kini giliran orangtua siswa yang akan diuji.

Jika Anda memiliki anak yang akan masuk sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat, maka bersiaplah menghadapi ujian ini.
Ujian pertama yang mesti Anda hadapi adalah uang. Jika Anda ingin menyekolahkan anak di lembaga pendidikan bergengsi, maka ujian keuangannya pun semakin tinggi.

Uang pangkal masuk SMA di Makassar sudah menembus angka Rp 45 juta. Sejumlah SMA dan sederajat swasta sudah melakukan penerimaan siswa baru.  Sedangkan SMA negeri dan sederajat mulai menerima siswa baru Mei.

Sekolah negeri kemungkinan memang masih menjadi rebutan calon siswa baru. Tahun ini sekitar 20 ribu siswa lulusan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Makassar akan memperebutkan sekitar sembilan ribu kursi SMA negeri.

Sisanya, mereka dapat ditampung oleh sekolah-sekolah swasta yang ada di Makassar.

Penelusuran Tribun, rekor uang pangkal tertinggi untuk penerimaan siswa baru tahun ini jatuh pada Australia International High School (AIHS).

Tapi jangan pesimistis dulu, sebab uang yang Anda keluarkan dijamin akan sebanding dengan fasilitas wah yang disiapkan pengelola sekolah yang terletak di Jl Adhyaksa, Makassar, tersebut.

Anak Anda pun akan tercatat sebagai alumnus pertama sekolah yang diresmikan 18 Maret itu.

Education Counsultant AIHS, Fitriah Syarifuddin, mengatakan, sekolah internasional yang bekerja sama Australia IIBT itu menargetkan 48 siswa tahun pertama, masing masing kelas 18 siswa hingga 24 siswa. Syarat lulus SMP, siapapun bisa mendaftar, nilai rapor tidak jadi standar tapi bakat siswa. Koordinator Pengaja AIHSr, Prof DR Hamzah Upu.

Untuk masuk di AIHS, Anda harus membayar Rp45 juta uang pangkal. Tapi ini bisa diangsur selama tiga tahun. Sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di AIHS dibagi dua jenis. Non boarding scholl sebesar Rp3 juta per bulan, dan Rp4 juta untuk boarding school. Uang ini sudah termasuk biaya makan dan laundry.

Halaman
123
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help