• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribunnews.com

Uang Pangkal SMA Rp 45 Juta

Minggu, 28 April 2013 04:20 WIB
Uang Pangkal SMA Rp 45 Juta
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) mengikuti Ujian Nasional (UN) di Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, di Makassar, Senin (15/4/2013). Sebanyak 5 siswa tuna rungu dan tuna daksa mengikuti ujian di hari pertama ini meski sempat terjadi kendala teknis menyangkut soal namun ujian tetap berjalan lancar.

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR -- Musim ajaran sudah berakhir. Ujian Nasional (UN) pun sudah berlalu. Siswa yang ikut UN telah berpesta. Kini giliran orangtua siswa yang akan diuji.

Jika Anda memiliki anak yang akan masuk sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat, maka bersiaplah menghadapi ujian ini.
Ujian pertama yang mesti Anda hadapi adalah uang. Jika Anda ingin menyekolahkan anak di lembaga pendidikan bergengsi, maka ujian keuangannya pun semakin tinggi.

Uang pangkal masuk SMA di Makassar sudah menembus angka Rp 45 juta. Sejumlah SMA dan sederajat swasta sudah melakukan penerimaan siswa baru.  Sedangkan SMA negeri dan sederajat mulai menerima siswa baru Mei.

Sekolah negeri kemungkinan memang masih menjadi rebutan calon siswa baru. Tahun ini sekitar 20 ribu siswa lulusan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Makassar akan memperebutkan sekitar sembilan ribu kursi SMA negeri.

Sisanya, mereka dapat ditampung oleh sekolah-sekolah swasta yang ada di Makassar.

Penelusuran Tribun, rekor uang pangkal tertinggi untuk penerimaan siswa baru tahun ini jatuh pada Australia International High School (AIHS).

Tapi jangan pesimistis dulu, sebab uang yang Anda keluarkan dijamin akan sebanding dengan fasilitas wah yang disiapkan pengelola sekolah yang terletak di Jl Adhyaksa, Makassar, tersebut.

Anak Anda pun akan tercatat sebagai alumnus pertama sekolah yang diresmikan 18 Maret itu.

Education Counsultant AIHS, Fitriah Syarifuddin, mengatakan, sekolah internasional yang bekerja sama Australia IIBT itu menargetkan 48 siswa tahun pertama, masing masing kelas 18 siswa hingga 24 siswa. Syarat lulus SMP, siapapun bisa mendaftar, nilai rapor tidak jadi standar tapi bakat siswa. Koordinator Pengaja AIHSr, Prof DR Hamzah Upu.

Untuk masuk di AIHS, Anda harus membayar Rp45 juta uang pangkal. Tapi ini bisa diangsur selama tiga tahun. Sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di AIHS dibagi dua jenis. Non boarding scholl sebesar Rp3 juta per bulan, dan Rp4 juta untuk boarding school. Uang ini sudah termasuk biaya makan dan laundry.

AIHS menyediakan fasilitas wah. Ruang belajar full AC. Ada electronic library. Tersedia multimedia room dan laboratorium bahasa. Pun tersedia pray room, projector, serta wifi.

Untuk biaya pendaftaran dikenakan biaya sebesar Rp 1 juta. Harga tersebut sudah mencakup biaya seleksi seperti, psikotes, kemampuan umum melalui graduated record examination yang bekerja sama dengan lembaga profesional.
Sekolah Islam

SMA Islam Athirah juga menjadi primadona setiap musim penerimaan siswa baru. Satu bangku di sekolah ini untuk tahun ajaran 2013 ditebus dengan uang pangkal yang berkisar Rp 18-Rp 20 juta.

SPP di SMA Islam Athirah sekitar Rp 1 juta per bulan. Anda juga diminta menyiapkan biaya antarjemput siswa sebesar Rp 400 ribu per bulan. Tahun ajaran baru ini, SMA Athirah hanya menerima sekitar 100 siswa baru.

Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu Wahdah Islamiyah juga jadi buruan sejak beberapa tahun terakhir. Untuk masuk di sekolah yang terletak di Jl Antang Raya, Makassar, ini, Anda harus menyiapkan uang pendaftaran Rp 3, 65 juta.

Biaya tersebut sudah mencakup Uang pangkal sebesar Rp 2 juta, Biaya MIR (multiple intelligences system), biaya daurah, buku paket plus rapor, serta kain lembaga dan baju olahraga.

Sekolah yang memiliki program unggulan hifzul quran, Bahasa Arab dan Inggris ini juga menyediakan Markaz Quran Darul Marhamah sebagai asrama bagi santri yang berasal dari luar Makassar.

"Asrama tersebut juga memiliki berbagai program pembinaan santri. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 2,1 juta dan biaya perbulan sebesar Rp 700 ribu untuk program Tahfidzul quran dan Rp 800 ribu untuk asrama pelajar Muslimah," jelas panitia penerimaan siswa baru SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah, Asriani, di Makassar, Sabtu (27/4).

Sekolah Kejuruan

Lain lagi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom Sandhy Putra 2 Makassar. Panitia Penerimaan Siswa Baru SMK Telkom Sandhy Putra 2, Asmawati, mengatakan, ada tiga jalur yang disiapkan untuk masuk di sekolah yang beralamat di Jl Taman Makam Pahlawan, Makassar, ini. Ada jalur prestasi akademik, jalur reguler, dan jalur nonreguler.

Setiap regulernya dikenakan biaya berbeda. Jika siswa lulus pada jalur prestasi akademik, mereka harus membayar biaya Rp 6,7 juta. Untuk jalur reguler dikenakan biaya Rp 8,7 juta, serta jalur nonreguler Rp 10, 7 juta.

 Harga tersebut sudah mencakup untuk biaya formulir, seragam sekolah, biaya MOS, koperasi, tes kesehatan, psikotes, tes narkoba serta asuransi. Biaya SPP tiap bulan untuk ketiga jalur tersebut sama, Rp 500 ribu.

SMK Telkom Sandhy Putra 2 Makassar terdiri dari dua program kejuruan yakni teknik komputer jaringan dan teknik telekomunikasi.

Sekolah tersebut dilengkapi berbagai fasilitas laboratorium yang lengkap seperti laboratorium komputer dan internet, elektronika, fisika dan kimia, siskom serat optik, jaringan komunikasi, teknik transmisi, serta tower/menara untuk tempat praktik instalasi antena.

Selain itu, siswa dapat mengikuti praktik kerja industri pada DU/DI yang berkompeten. Siswa juga bisa mengikuti uji komptensi yang bersertifikat.

Fasilitas lain yang disediakan, perpustakaan, ruang kelas ber-AC, sarana olahraga, dan wifi.(cr5/cr6/axa)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1720202 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas