• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 20 Oktober 2014
Tribunnews.com

Parpol Daftarkan Anak Baru Lulus SMA Jadi Bakal Caleg

Selasa, 30 April 2013 06:41 WIB
Parpol Daftarkan Anak Baru Lulus SMA Jadi Bakal Caleg

TRIBUNNEWS.COM - Beberapa partai politik (parpol) mendaftarkan bakal caleg yang usianya di bawah 21 tahun. Bahkan dari daftar bakl caleg yang didaftarkan ke KPU itu ada yang usianya 19 tahun dan baru lulus SMA.

Bakal caleg berusia dibawa 21 tahun itu terlihat saat mereka membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Mapolres. Dalam data yang ditulis, kelahiran 1993 dan 1994.

"Sesuai aturan usia caleg itu harus 21 tahun ketika mendaftar ke KPU. Batas terakhir daftar ke KPU itu Senin (22/4) lalu," kata Hersa Santosa, anggota KPU Sumedang yang juga Ketua Pokja Pencalonan di kantor KPU Sumedang, Senin (29/4/2013).

Menurutnya, jika usianya belum 21 tahun saat didaftarkan ke KPU maka akan dicoret karena tak memenuhi syarat. "Namun sampai saat ini pemeriksaan administrasi caleg belum masuk ke usia jadi belum diketahui berapa banyak yang usianya dibawah 21 tahun," kata Hersa.

Disebutkan, dengan software yang dimiliki KPU maka usia caleg dibawa 21 tahun akan langsung terdeteksi. "Program nanti yang akan mendeteksinya dan caleg yang usianya kurang dari 21 tahun langsung diberi warna merah," katanya.

Hersa mengatakan, sampai saat ini verifikasi administrasi caleg masih memeriksa kelengkapan persyaratan. "Hampir semua caleg yang didaftarkan parpol ke KPU banyak yang belum lengkap syaratnya," kata Hersa.

Pemeriksaan administrasi terhadap 552 caleg dilakukan KPU sampai 6 Mei 2013. "Hasil pemeriksaan berkas administrasi caleg akan diserahkan ke parpol untuk dilengkapi. Penyerahan hasil pemeriksaan dilakukan 7 Mei," katanya lagi.

Persyaratan yang belum dilengkapi para caleg nyaris sama yakni pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, surat bebas narkoba sampai pembuatan SKCK. Hampir setiap hari di Polres terlihat caleg yang sedang mengurus SKCK dan surat bebas narkoba di Reserse Narkoba.

Sementara di Rumah Sakit Umum (RSU) juga terlihat setiap haru yang diperiksa kesehatan jasmani dan tes kejiwaan untuk kesehatan rohani. (Tribun Jabar/std)

Editor: Dodi Esvandi
Sumber: Tribun Jabar
0 KOMENTAR
1727081 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas