Pernikahan Dini Sebabkan Siswa Putus Sekolah

putus sekolah di Kabupaten Basel didominasi pernikahan dini para siswa.

Pernikahan Dini Sebabkan Siswa Putus Sekolah
NET
Ilustrasi

Laporan wartawan Bangka Pos, Iwan Satriawan

TRIBUNNEWS.COM,BANGKA--Angka putus sekolah di wilayah Bangka Selatan (Basel) terbilang relatif kecil dibandingkan daerah lain Kabupaten/Kota di Kepulauan Bangka-Belitung (Babel).

Berdasarkan data dari dinas Pendidikan Basel, siswa yang putus sekolah untuk jenjang pendidikan SMp hanya sekitar 1 persen. Sementara jenjang pendidikan SMU hanya 0,4 persen.

Sekretaris Dinas Pendidikan Basel Eddy Supriadi mengungkapkan rata-rata putus sekolah di Kabupaten Basel didominasi pernikahan dini para siswa.

 "Kalau dilihat dari data putus sekolah UN kemaren SMP itu 1 persen sedangkan SMA/SMK 0,4. Persen. Penyebabnya adalah nikah dini, pindah ikut ortu dan cari penghasilan sendiri. Ada juga yang memang tidak minat sekolah lagi," ungkap Eddy kepada Bangkapos.com, Kamis (2/5/2013).

Ia menjelaskan upaya yang dilakukan pihaknya untuk menekan angka putus sekolah. Diantaranya dengan melakukan pemberian beasiswa dan mempermudah layanan dan melengkapi fasilitas sekolah hingga ke daerah-daerah terpencil.

Sementara Wabup Basel Nursamsu H Alias dalam peringatan hari pendidikan nasional di Dinas Pendidikan Basel mengungkapkan kunci untuk mengatasi ketidaktahuan dan kemiskinan. Seiring mengatasi bobroknya peradaban yakni melalui pendidikan.

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Bangka Pos
Tags
pernikahan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help