• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribunnews.com

Puluhan Wartawan Minta Perlindungan Hukum

Jumat, 3 Mei 2013 12:23 WIB
Puluhan Wartawan Minta Perlindungan Hukum
Serambi Indonesia/Ibrahim Ahmad
Memperingati hari kebebasan pers Internasional, puluhan wartawan berbagai media di Lhokseumawe, Jumat (3/5/2013) menggelar unjuk rasa di Jalan Merdeka persis di Taman Riadhah Kota Lhokseumawe, dengan membawa poster. 

Laporan Wartawan Serambi Indonesia, Ibrahim Achmad

TRIBUNNEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Memperingati hari kebebasan pers Internasional, puluhan wartawan berbagai media di Lhokseumawe, Jumat (3/5/2013) menggelar unjuk rasa di Jalan Merdeka persis di Taman Riadhah Kota Lhokseumawe, dengan membawa poster.

Mereka meminta kebebasan Pers dan perlindungan hukum terhadap kaum wartawan yang terkesan selama ini belum merasa terlindung aman sebagaimana diharapkan.

Padahal, dalam Undang-undang No. 40 Tahun 1999 disebutkan bahwa lembaga pers adalah lembaga yang bergerak dalam bidang jurnalistik untuk memberikan informasi/berita di segala bidang, baik itu sosial, budaya, hiburan dan lain-lain dan dilindungi oleh undang-undang.

Namun sampai saat ini, banyak ancaman yang dilakukan terhadap kebebasan pers dan berpendapat baik dalam bentuk regulasi yang bersifat represif maupun dalam bentuk tekanan secara fisik dan non fisik yang masih terjadi di beberapa daerah.

Koordinator gerak demo Rahmad YD mengatakan, wartawan meminta dewan pers dapat menekan berbagai lembaga lainnya supaya menghormati tugas jurnalistik.

"Hindari sikap yang mengancam tugas wartawan, karena kehadiran pers utuk kepentingan rakyat dan pembangunan," teriak wartawan.

Demo berlangsung singkat, hanya 20 menit dijaga pihak kepolisian, mereka juga membagi-bagikan selebaran berisi tentang undang-undang pers dan hak dan kewajiban wartawan dalam bekerja.

Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1741511 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas