Selasa, 26 Mei 2015
Tribunnews.com

Punya Kadar Oksigen Bagus, Pulau Giliyang Jadi Objek Wisata Kesehatan

Jumat, 3 Mei 2013 01:14 WIB

Punya Kadar Oksigen Bagus, Pulau Giliyang Jadi Objek Wisata Kesehatan
Net
salah satu pantai terindah di Sumenep Madura yang sering dikunjungi wisatawan

TRIBUNNEWS.COM, SUMENEP - Rencana pemerintah Kabupaten Sumenep  menjadikan Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek sebagai lokasi wisata kesehatan akan segera terwujud.

Hasil penelitian menunjukkan,  kandungan oksigen di pulau tersebut sangat luar biasa bahkan terbaik se- Asia.

Kandungan oksigen yang sangat luar biasa di pulau itu telah melalui berbagai eksprimen dan penelitian dari tahun ke tahun. Pada tahun 2006 lalu, peneliti dari Pusat Pemanfaatan Saint (LAPAN), mencatat kandungan oksigen di Pulau Giliyang mencapai 21 %.

Angka itu menunjukkan kandungan oksigen yang luar biasa alias di atas rata rata baku normal sebuah daerah yang tidak terkontaminasi adanya pencemaran.

Hasil penelitian LAPAN itu kemudian dimutakhirkan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLP) Surabaya dengan melakukan survei di sejumlah titik yang sebelumnya pernah dilakukan penelitian oleh tim LAPAN, Kamis (2/5/2013).

Peneliti BPTKLP Surabaya yang beranggotakan 9 orang menemukan kadar oxygen di pulau tersebut tepatnya pukul 11.00, menunjukkan angka yang sangat signifikan, yakni 20,9 % untuk kadar oksigen lebih tinggi dari baku normal. Sedangkan kandungan karbondioksida (CO2) mencapai 30,2 % lebih rendah dari baku normal 38,7 %.

Pengukuran kedua dilakukan tepat pukul 11.45, saat kondisi udara sangat bagus kadar oksigen mencapai 21,5%, sementara kadar CO2nya menurun menjadi 26,5%.

Halaman123
Editor: Willy Widianto
Sumber: Surya
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas