• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

KPU Binjai Selesai Verfifikasi Berkas Bacaleg Peserta Pemilu

Selasa, 7 Mei 2013 19:10 WIB
KPU Binjai Selesai Verfifikasi Berkas Bacaleg Peserta Pemilu
IST

Laporan wartawan tribun Medan, M Azhari Tanjung

TRIBUNNEWS.COM , BINJAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai telah selesai melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas-berkas 360  bakal calon legislatif (Bacaleg) tiap partai politik (Parpol) peserta pemilu 2014 mendatang.

“KPU Binjai sudah selesai melakukan tahapan-tahapan verifikasi berkas bacaleg parpol. Para parpol sudah memenuhi persyaratan KPU 30 persen keterwakilan perempuan dalam pemilu 2014 ini pada tiap-tiap daerah pemilihan di Kota Binjai. Begitu juga dengan persyaratan administrasi dan persyaratan pokok para peserta sesuai petunjuk teknis yang telah ditetapkan dalam peraturan KPU, kesemuan parpol memenuhinya,” ucapnya.

Lanjut Agus,berkas itu termasuk surat keterangan bebas narkoba yang sudah dipenuhi para bacaleg. Sedangkan mengenai ijazah Ketua DPC Demokrat Binjai H.M.Sazali yang terdapat perbedaan nama pada masing-masing ijazah, KPU Binjai sudah meminta yang bersangkutan atau Partainya untuk melakukan penjelasan.

“hasil penjelasan dari yang bersangkutan dan pemeriksaan ulang, bahwa ijazah milik Sazali tidak palsu, perbedaan nama itu terjadi karena kesalahan pengurus partai yang menyampaikan,” terangnya.

Sementara terkait dua nama bacaleg dari Partai NasDem Binjai yang tak mencukupi usiau ntuk menjadi caleg, KPU Binjai mengembalikan atau menyerahkan permasalahan itu kepada partai.

“Mengenai Rizky Syahputra dan Benny Aulia Sanjaya Sembiring yang belum mencukupi usia yang telah ditentukan undang-undang pemilu, kita serahkan keputusan ke partai. KPU tidak bisa menggugurkan bacaleg,"jelas Agus.
 Terang Agus lagi, walaupun KPU sudah selesai melakukan verifikasi berkas para bacaleg parpol peserta pemilu 2014, akan tetapi KPU Binjai tetap memberikan kesempatan kepada parplo atau bacaleg untuk melengkapi berkasnya.

 KPU Binjai sambungnya akan berikan kesempatan hingga tanggal 26 Mei 2013 kepada parpol maupun bacaleg untuk melengkapinya. Selanjutnya KPU Binjai akan serahkan berkas para bacaleg ke KPU Sumut lalu bacaleg yang ada saat ini sebagai Daftar Caleg Sementara (DCS) baru bisa ditentukan menjadi Daftar Caleg Tetap (DCT).  (ari/tribun-medan.com)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1758132 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas