• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribunnews.com

Dua Rekor Muri Diperoleh PMI Klaten

Rabu, 8 Mei 2013 18:10 WIB
Dua Rekor Muri Diperoleh PMI Klaten
PMI Logo

Laporan Reporter Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyanto

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten mendapatkan dua rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Dua rekor yang dicatat ialah Lomba Simulasi Sekolah Siaga Bencana (SSB) dengan jumlah peserta terbanyak, dan pembuatan logo PMI terbesar dari botol air mineral bekas yang dilakukan SMK N 2 Klaten.

Piagam penghargaan dua rekor Muri tesebut diserahkan dalam upacara peringatan Hari Palang Merah Sedunia ke 150, di Alun-alun Klaten, Rabu (8/5/2013). Perhargaan tersebut langsung diserahkan oleh Senior Manager Muri, Paulus Pangka yang hadir dan kegiatan upacara tersebut.

“Kedua rekor dari PMI Klaten tersebut merupakan rekor dalam kemanusian. Kedua rekor yang ditorehkan PMI Klaten tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya. Untuk simulasi memang pernah ada yang memecahkan rekor Muri, namun berupa simulasi 24 jam yang dilakukan satu orang,” tutur Paulus kepada Tribunjogja.com, di Klaten, Rabu (8/5/2013).

Mendapatkan pengharagaan tersebut, Ketua PMI Klaten, Purwanto A.C., mengatakan kepada Tribunjogja.com hal tersebut dapat menjadi pemicu semangat baik bagi PMI, PMR, maupun masyarakat dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

“Ini memberikan motivasi, tidak hanya PMI maupun PMR, namun jufa setiap lini masyarakat Klaten untuk mengenal dan melaksanakan ilmu ke-PMI-an, minimal pertolongan pertama. Terlebih Klaten merupakan wilayah yang rawan bencana,” tuturnya.

Lomba Simulasi SSB yang diselengarakan PMI pada 9-10 Februari 2013 silam, melibatkan 3.270 siswa SMP/MTs dan SMA/SMK dari 26 kecamatan yang ada di Klaten. Kegiatan tersebut digelar di Lapangan Komando Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam IV Diponegoro di Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan.

Sedangkan untuk logo PMI terbesar dari botol air mineral bekas, dibuat oleh PMR SMK N 2 Klaten, pada Januari 2013 lalu. Logo tersebut berukuran 10 x 10 meter persegi yang dipasang di halaman depan sekolah tersebut. Pembuatannya membutuhkan sekitar 8.000 botol air mineral ukuran 600 ml dan waktu sekitar seminggu. (*)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jogja
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1762901 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas