Jumat, 19 Desember 2014
Tribunnews.com

Bus Listrik LIPI Mulai Beroperasi 20 Mei

Minggu, 12 Mei 2013 13:25 WIB

Bus Listrik LIPI Mulai Beroperasi 20 Mei
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Prototip bus listrik berkeliling saat digelar Fun Drive Mobil Listrik Nasional membawa rombongan, saat Peluncuran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-17 di halaman Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (26/6/2012). Bus listrik buatan Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI tersebut dapat mengangkut 15 orang dengan kecepatan maksimal 100 kilometer per jam, dan mampu berjalan sejauh 150 kilometer dengan sekali pengisian 500 ampere. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Setelah tertunda lebih dari satu bulan, akhirnya bus listrik hasil riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dipastikan untuk diuji coba di Yogyakarta.

Bus berkapasitas 15 penumpang ini akan beroperasi selama tiga bulan mulai 20 Mei mendatang.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menjelaskan, pihaknya bersama Pemda DIY dan Kemenristek telah menyepakati rencana uj coba bus. Sedianya akan dioperasikan dengan rute Taman Pintar, Malioboro, Alun Alun, Taman Sari, Ngabean dan Pasar Ngasem.

"Masyarakat dapat mencoba menggunakan layanan bus ini secara gratis selama masa uji coba, yaitu tiga bulan pertama," ujar Haryadi usai rapat bersama Gubernur DIY di Kepatihan, Minggu (12/5/2013).

Ditambahkannya, Kota Yogyakarta mendapat kepercayaan dari Kemenristek menjadi tuan rumah dalam uji coba bus listrik LIPI. Sedari awal bus selesai dibuat akhir tahun lalu, memang sudah menjadikan DIY sebagai lokasi uji coba.

Meski demikian, belum ada jadwal mengenai jam operasi uji coba bus listrik LIPI. Sehingga masyarakat diharapkan bersabar ketika hendak turut serta keliling kawasan Malioboro dan Keraton dengan bus ini. Terlebih kapasitas bus berwarna merah-hitam ini yang cukup terbatas.

"Bukan hanya wisatawan, masyarakat juga boleh nyoba kok. Tapi harus bersabar dan antre, yang jelas ini bukan semacam angkot yang terus menerus narik penumpang," tandas Haryadi.

Beberapa aspek teknis pendukung uji coba bus pun sedang dibahas bersama. Seperti surat tanda coba kendaraan yang masih diurus di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

"Tapi lainnya sudah oke," kata Haryadi.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah DIY Tavip Agus Rayanto belum memberikan banyak komentar mengenai rencana uji coba bus LIPI. Lantaran, tataran teknisnya baru akan dirapatkan bersama dinas terkait pada Selasa atau Rabu pekan ini.

Bus berkapasitas 15 penumpang itu memiliki sumber energi utama dari baterai lithium 100 cell untuk menghasilkan daya listrik 320 volt DC. Agar dapat melaju dengan kecepatan maksimal 90 sampai 100 kilometer per jam.

"Baru satu unit bus yang ada terus diuji coba di Yogyakarta." ucap Tavip. (hdy)

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jogja

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas