• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

BAZNAS Bakal Bentuk UPZ Tiap Kecamatan

Senin, 13 Mei 2013 19:56 WIB

BAZNAS Bakal Bentuk UPZ Tiap Kecamatan
Logo Baznas

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Doan Pardede

TRIBUNNEWS.COM SAMARINDA, - Menghadapi datangnya bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa bulan lagi, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Samarinda akan segera membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di 10 Kecamatan. Menurut Ketua Baznas Kota Samarinda Asmuni Ali, pembentukan UPZ ini sesuai edaran dari Dirjen Binmas Islam dan Baznas Provinsi Kaltim, sehingga dengan dibentuknya UPZ nanti, maka otomatis Baznas Kecamatan ditiadakan.

"Untuk kepengurusannya kita harapakan pihak kecamatan dan Kepala KUA setempat bisa segera berkoordinasi. Sehingga apabila sudah dibentuk maka kami dari Baznas kota akan segera menerbitkan SK nya,"Kata Asmuni, Senin (13/5/2013).

Terbentuknya UPZ ini sendiri, menurutnya akan mendorong peningkatan ekonomi masayarakat di Kecamatan, karena jelas Asmuni tujuan dari pengumpulan zakat di UPZ adalah untuk dikelola dengan baik dan dapat didistribusikan kepada jamaah yang berhak menerimanya.

"Sedangkan target pendistribusiannya nanti adalah bantuan produktif, sehingga penerima zakat tersebut dapat melakukan usaha yang menghasilkan,"katanya.

Pembentukan UPZ ini juga merupakan hasil dari Rapat Kerja Baznas Kota yang pada Rabu lalu telah dilaksanakan. Dimana kata dia, hasil rapat tersebut juga merumuskan program selama bulan ramadhan. Diantaranya menggalakkan gerakan sosialisasi Zakat Infaq Sedekah (ZIS) ke Masjid-masjid dan kelompok masyarakat bekerjasama dengan camat, kepala KUA dan lurah-lurah setempat. Serta membahas gebyar Zakat yang tidak hanya dilaksanakan dikediaman Walikota, melainkan juga bisa diadakan disetiap kecamatan.

"Kita juga meminta kepada masing-masing kecamatan agar memasang baliho serta membuat brosur yang isinya laporan pengumpulan dan pengeluaran tiap bulan dengan mendistribusikan kesetiap masjid-masjid,"tambahnya.

Selain juga meminta untuk mengintesivikasi pengumpul ZIS dengan membuka counter atau tenda di jalan protokol, perumahan, pasar, kecamatan dan membentuk tim relawan jemput bola di setiap kecamatan.

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Timur
0 KOMENTAR
1780201 articles 0 0
Default
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas