• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Tribunnews.com

Pilkada di Bandung Barat Bisa Pakai KTP atau KK

Minggu, 19 Mei 2013 01:12 WIB
Pilkada di Bandung Barat Bisa Pakai KTP atau KK
TRIBUN KALTIM/NEVRI
Ilustrasi Pilkada

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG -- Hari ini, Minggu (19/5/2013), merupakan hari yang sangat penting dan bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sebanyak 1.148.246 warga KBB yang memiliki hak pilih akan menentukan siapa yang akan menjadi bupati dan wakil bupati mereka untuk periode lima tahun mendatang.

Lima pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) akan dipilih warga KBB. Mereka adalah nomor urut 1, Panji Tirtayasa-Kusna Sunardi (Padi), yang berasal dari jalur perseorangan (independen); nomor urut 2, Aep Nurdin-H Kosasih (Asih), yang diusung PKS dan Partai Demokrat; nomor urut 3, Djamu Kertabudi-Agus Yasmin (JK-AY), yang diusung Partai Gerindra, Hanura, PBR, dan belasan partai nonparlemen; nomor urut 4, Erni R Ernawan-Syamsul Ma'arif (Esa), yang diusung Partai Golkar, PPP, dan PAN; serta pasangan nomor urut 5, Abubakar-Yayat T Soemitra (Berbuat), yang diusung PDIP, PKB, PBB, PKNU, PKPI, dan PKBIB.

Siapa pun yang nantinya terpilih menjadi bupati dan wakil bupati KBB akan tercatat dalam sejarah sebagai bupati yang kedua pasca-KBB memisahkan diri dari Kabupaten Bandung enam tahun lalu. Setelah resmi berpisah dari Kabupaten Bandung, KBB sempat dipimpin oleh Pjs Bupati Tjaja Kuswara hingga 2008. Barulah pada pemilukada pertama, pasangan Abubakar- Ernawan Natasaputra terpilih sebagai bupati dan wakil bupati definitif setelah mengalahkan pasangan Agus Yasmin-Haris Maulana.

Ketua KPU KBB, Asep Mamat, berharap segenap warga yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) turut mencoblos alias tidak golput pada pemilukada KBB ini. Menurut Asep, satu suara yang dimiliki pemilih akan sangat menentukan nasib KBB dalam lima tahun ke depan.

Asep mengimbau agar warga yang telah terdaftar dan memiliki undangan mencoblos untuk datang ke TPS terdekat dengan mengajak keluarga dan warga lainnya agar memilih. Menurut dia, semua TPS akan dibuka pukul 07.00 hingga pukul 13.00.
"Kami berharap masyarakat KBB dapat benar-benar menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi besok (hari ini)," ujar Asep kepada wartawan di Padalarang, Sabtu (18/5/2013).

Berdasarkan data di KPU, tercatat 1.148.246 pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilukada KBB. KPU menyediakan 2.875 TPS yang tersebar di 16 kecamatan di KBB bagi calon pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya hari ini.

Menurut Asep, dari 16 kecamatan tersebut, Kecamatan Lembang memiliki jumlah pemilih terbanyak, yakni 124.087 orang. Kecamatan Ngamprah memiliki 112.154 orang pemilih dan Kecamatan Padalarang 115.716 pemilih. Kecamatan yang jumlah pemilihnya paling sedikit adalah Kecamatan Rongga, yakni 39.875 orang pemilih.

"Silakan datang ke TPS dengan membawa undangan dan kartu pemilih. Kalau belum dapat undangan, cukup tunjukkan KTP dan kartu keluarga," kata Asep.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan sebelumnya, KPU berharap pesta demokrasi warga Bandung Barat dapat berjalan lancar serta tanpa kendala berarti. Terlebih, kata dia, seluruh logistik dan perlengkapan pemilukada telah siap di tiap TPS.

Asep pun berharap angka partisipasi pemilih dalam pemilukada KBB ini dapat lebih tinggi dari pilgub Jabar lalu yang hanya mencapai sekitar 65 persen. "Harapan kami angka partisipasi pemilih minimal bisa sekitar 70 persen atau lebih tinggi dari pilgub Jabar lalu. Dan tentunya kami berharap semuanya berjalan lancar dan aman," katanya. (zam)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1801261 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas