Pilkada Bandung Barat, Abubakar Unggul Sementara

Hingga Minggu (19/5/2013) malam, pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Pilkada Bandung Barat, Abubakar Unggul Sementara
SERAMBI Indonesia/M ANSHAR
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG -- Hingga Minggu (19/5/2013) malam, pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Abubakar-Yayat Soemitra (Berbuat) berhasil unggul atas empat kompetitornya di semua kecamatan di KBB. Tak tanggung-tanggung, berdasarkan hasil quick count dan real count yang digelar beberapa lembaga, pasangan nomor urut 5 ini mampu meraih suara di atas 45 persen.

Berdasarkan hasil quick count Pusat Kajian Politik, Ekonomi dan Pembangunan (Puskapol Ekbang) KBB, pasangan ini berhasil menang di semua kecamatan. Menurut Direktur Puskapolekbang KBB, Kholid Nurjamil, jumlah suara yang telah masuk telah mencapai 100 persen. "Pasangan nomor urut 5 berhasil unggul di semua kecamatan. Selisihnya sangat jauh dengan kandidat lain," katanya kepada Tribun.

Berikut hasil quick count yang dilakukan Puskapol Ekbang. Pasangan nomor urut 1, Panji Tirtayasa-Kusna Sunardi, yang berasal dari jalur perseorangan, hanya meraih 2,1 persen. Pasangan nomor urut 2, Aep Nurdin-Kosasih, yang diusung PKS dan Partai Demokrat, hanya meraih 15,3 persen.

Pasangan nomor 3, Djamu Kertabudi-Agus Yasmin, yang diusung Gerindra, Hanura dan belasan partai nonparlemen, meraih suara sebesar 12,6 persen. Kandidat nomor urut 4, Erni R Ernawan-Syamsul Ma'arif, meriah suara 23,60 persen. "Menurut hasil quick count kami, pasangan Abubakar-Yayat Soemitra meraih 46,40 persen suara," ujar Kholid.

Hasil yang sama diungkapkan oleh lembaga pemantauan independen, Forum e-Demokrasi dan Bandung Trust Advisory Group (B_Trust) Indonesia. Lembaga ini merilis bahwa pasangan Abubakar-Yayat juga berhasil unggul atas kandidat lainnya hampir di 16 kecamatan yang ada di KBB.

"Kami belum bisa menyebutkan hasil perhitungan kami karena datanya belum masuk semua. Tapi kecenderungannya, memang pasangan nomor 5 menang di semua kecamatan," kata Koordinator B_Trust, Siswanda H Sumarto.

Bahkan menurut hasil real count yang dilakukan tim pemenangan pasangan nomor 5, pasangan yang diusung PDIP, PKB, PBB, PKNU, PKPI, dan PKBIB ini berhasil mengantongi sekitar 51,59 persen suara atau 390.298 suara dari jumlah pemilih 1.148.246 orang.

Pasangan Erni R Ernawan-Syamsul Ma'arif menyusul di urutan kedua, tapi dengan selisih yang terpaut sangat jauh. Pasangan ini mengantongi suara sebesar 150.612 suara atau sekitar 19,91 persen. Peringkat ketiga ditempati pasangan Aep Nurdin-Kosasih (Asih), yakni 100.939 atau sekitar 13,34 persen.

Pasangan Djamu Kertabudi-Agus Yasmin berada di urutan selanjutnya dengan raihan suara 91.551 pemilih atau hanya mengantongi 12,01 persen. Posisi paling buncit ditempati pasangan dari jalur perseorangan Panji Tirtayasa dan Kusna Sunardi. Pasangan nomor urut 1 ini meraih sekitar 3,06 persen atau 23.112 pemilih.

Menurut Ketua tim pemenangan pasangan nomor 5, Aa Umbara Sutisna, dari 16 kecamatan di KBB, empat kecamatan menjadi lumbung suara pasangan Abubakar-Yayat, yakni Kecamatan Cikalongwetan, Lembang, Parongpong, dan Cisarua. Empat kecamatan ini masing-masing berhasil menyumbang suara di atas 60 persen bagi pasangan ini sehingga mampu mendongkrak raihan suara Abubakar-Yayat.

Halaman
123
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help