• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribunnews.com

Pejabat PT Perkebunan Mitra Ogan Ditangkap Terlibat Penipuan Rp 715 Juta

Selasa, 21 Mei 2013 08:06 WIB
Pejabat PT Perkebunan Mitra Ogan Ditangkap Terlibat Penipuan Rp 715 Juta
NET
ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, BATURAJA - Diduga melakukan penipuan dan penggelapan, asisten Manager (Asmen) PT Perkebunan Mitra Ogan, Eko Prayitno (40) warga Jalan lintas Sumatera Lr Modern Kelurahan Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur ditangkap polisi Polres OKU.

Kapolres OKU AKBP Mulyadi SIK MH melalui Kasatreskrim AKP Zulkarnain saat dikonfirmasi mengatakan, penangkapan tersangka berawal dari laporan korban Andri Effendi (40) warga Jalan Padat Karya Lr Belitung No 2 Baturaja Timur pada 6 Mei lalu.

"Berdasarkan laporan dari korban, tersangka Eko ini sudah melakukan penipuan dan penggelapan uang milik korban sehingga korban mengalami kerugian senilai Rp 715 juta," kata Kapolres, Senin (20/5/2013).

Kapolres menambahkan, dalam menjalankan aksinya tersangka yang menjabat sebagai Asisten Manager di PTP Mitra Ogan ini menjual nota DO (Delivery Order) kepada korban.

"Tersangka menjual nota DO kepada korban hingga sebanyak 81 DO dengan total nilai 588 ton atau sekitar Rp 715 juta. Kemudian setelah beberapa waktu, tersangka kembali menemui korban dan meminta nota DO tersebut untuk ditukarkan ke PTP Mitra Ogan," ungkapnya.

Kapolres menambahkan, setelah DO tersebut diberikan korban kepada tersangka, tersangka tak pernah lagi menampakkan batang hidungnya. Bahkan sebelum melapor ke polisi, korban sempat beberapa kali menemui tersangka untuk menyelesaikan masalah tersebut tetapi tidak ditanggapi pelaku.

"Karena merasa tidak ada penyelesaian dari tersangka terkait penyelesaian nota DO tersebut akhirnya korban melaporkan masalah penipuan ini ke polisi. Atas perbuatannya, pelaku akan kita kenakan pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun," tegas Mulyadi.

Sementara saat dikonfirmasi hal tersebut, Kabag Umum PT Mitra Ogan, Taufik membenarkan jika Eko Prayitno merupakan karyawan PT Mitra Ogan. Mengenai kasus tersebut diluar perusahaan dan mengenai jabatan Eko bukan Asisten Manager melainkan, Asisten PKS perkebunan.

"Benar karyawan kami. Namun jabatannya hanya PKS. Saya belum tahu persis kasus tersebut. Saya sekarang ini masih di Lahat," katanya dihubungi Tribun Sumsel (Ttibunnews.com Network) melalui telepon.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Sumsel
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1809812 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas