• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Kloter I Jemaah Jatim Berangkat September

Rabu, 22 Mei 2013 14:42 WIB
Kloter I Jemaah Jatim Berangkat September
SERAMBI Banda Aceh/BUDI FATRIA
Jamaah haji kloter pertama embarkasi Aceh sujud syukur saat tiba kembali di tanah air, di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar, Rabu (31/10/2012) malam. SERAMBI/BUDI FATRIA

Laporan Wartawan Surya, Mujib Anwar

TRIBUNNEWS.COM,SURABAYA - Masyarakat yang akan berangkat haji tahun ini harus bersiap diri.

Pasalnya, pemberangkatan kloter pertama jemaah haji tinggal tiga bulan lagi.

Sekretaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Cepi Supriatna mengatakan, sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) tahun 1434H/2013 M, pemberangkatan jemaah haji asal Indonesia akan dimulai bulan September nanti.

“Kloter pertama akan diberangkatkan secara serentak tanggal 10 September nanti, melalui 12 embarkasi haji yang ada di Indonesia,” ujarnya, kepada wartawan, Rabu (22/5/2013).

12 embarkasi yang menjadi tempat pemberangkatan jemaah haji, masing-masing Surabaya, Aceh, Medan, Batam, Padang, Palembang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Menurut Cepi, pemberangkatan jemaah terbagi dalam dua gelombang. Gelombang I akan berakhir pada 24 September, sedangkan pemberangkatan jemaah haji gelombang II dimulai 25 September dan berakhir 9 Oktober.

Khusus wukuf di padang Arafah, akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2013.

“Untuk pemulangan jemaah haji, gelombang I akan dipulangkan mulai 19 Oktober,  Sedangkan gelombang II mulai dipulangkan 4 November. Dengan begitu, diharapkan pada 19 November 2013, seluruh jemaah haji sudah kembali di tanah air. Tentunya, kecuali yang sakit atau meninggal,” jelas Cepi.

Sementara itu, Hajj People sebuah organisasi penyelenggara haji dunia memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan haji di Indonesia.

Ini terbukti dengan pemberian penghargaan terbaik 2013 tingkat dunia.

Lembaga nirlaba yang berkantor di London, Inggris ini, menilai Indonesia sangat berprestasi dalam memberikan pelayanan haji.

Rencananya, Hajj People Rabu hari ini akan memberikan penghargaan prestisius tersebut kepada pemerintah Indonesia, dengan prosesi digelar du kantor Hajj People, London.

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1816002 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas