• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribunnews.com

Pemkab Tanjung Jabung Timur Segel Sumur Gas

Jumat, 24 Mei 2013 22:55 WIB
Pemkab Tanjung Jabung Timur Segel Sumur Gas
N ET
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTTA--Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tanjung Jabung Timur  H.Arifuddin mengungkapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, Jum’at (24/5),  telah menyegel sumur-sumur gas Petrochina yang belum memiliki izin eksplorasi.

Dijelaskan, ada 26 sumur gas yang disegel pada  12 titik lokasi yang berada pada kawasan  North Geragai Field, Makmur field dan Ripah Field di kecamatan Geragai dan kecamatan Mendahara Ulu.

"Penyegelan ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (pemkab) Tanjung Jabung Timur didasari oleh tidak adanya izin melakukan aktifitas eksplorasi dan eksploitasi di lokasi-lokasi tersebut. Selain itu, Petrochina sampai saat ini belum menyelesaikan kewajibannya untuk membayar Corparate Social Responcibility  (CSR), serta kewajiban-kewajiban lainnya sebagaimana disebutkan dalam perundang-undangan," ujarnya dalam rilisnya kepada Tribunnews.com.

Ditambahkan, sebelumnya, lewat tim bentukan Pemkab Tanjung Jabung Timur, telah dilakukan beberapa pemanggilan dan pertemuan dengan Manajemen Petrochina.

Sayangnya, belum ada itikad baik dari pihak Petrochina untuk menyelesaikan kewajibannya. Apa yang dilakukan Petrochina ini sangat merugikan masyarakat Tanjung Jabung Timur, dan sangat berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah, tentunya ini berkorelasi dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Pemkab Tanjung Jabung Timur, menghormati dan menghargai kegiatan-kegiatan investasi di daerah, namun Pemkab tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas apabila kegiatan investasi di daerah justru menyalahi aturan hukum dan merugikan masyarakat.
Kabupaten Tanjung  Jabung Timur  memiliki  potensi pertambangan khususnya minyak dan gas  sangat besar," ujarnya.

Dalam rilis yang dikirimkan juga dijelaskan, sebagiannya telah  terekploitasi dan menjadi sumber pendapatan daerah (PAD) yang paling besar.

Sampai saat ini sub-sektor pertambangan yang telah terekploitasi dengan baik baru minyak dan gas, walau banyak ditemukan ragam potensi tambang lain berupa potensi sumber daya alam seperti Gambut, Andesit, Pasir Pantai, Pasir Sungai, Kaolin, Tanah liat, Pasir Kuarsa pengelolaanya masih dikerjakan oleh rumah tangga.

Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki cadangan minyak bumi kurang lebih 250 juta barrel sedangkan gas alam cair potensinya 2 Milyard Feet Cubic Gas sebagai potensi sumberdaya non hayati.

Salah satu perusahaan yang melakukan eksplorasi gas dan minyak bumi adalah,  Petrochina dari China. Selama ini Petrochina melakukan aktifitas eksplorasi dan eksploitasi dilokasi yang belum memiliki izin. Kondisi diatas inilah yang melatar belakangi disegelnya sumur-sumur gas  Petrochina oleh Pemda Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Editor: Rachmat Hidayat
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1826952 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas