• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribunnews.com

Tali Pocong Tidak Dibuka

Sabtu, 25 Mei 2013 23:58 WIB
Tali Pocong Tidak Dibuka
Tribun Pontianak, Uray Ferdiyan

Laporan wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Pengurus Makam Muslimin, Zainuddin (55) menyayangkan pengikat kain kafan kepala mayat yang timbul di Pemakaman Muslim Gang Sosial jalan Adisucipto, Pontianak Tenggara tersebut tidak dibuka.

Hal tersebut semestinya tidak terjadi jika dilakukan bersama atau jika di pantau. "Menurut Islam itu tidak boleh pengikat pocongnya tidak dibuka. Itu harus dibuka dan mayat dihadapkan ke kiblat," tegasnya, Sabtu (25/5/2013).

Ia menegaskan kejadian tidak serupa tidak terulang kembali. Jika nantinya masih terjadi ia bersama pengurus makam dan aparat setempat akan mengambil tindakan. Sebab hal tersebut cukup meresahkan warga sekitar. Terlebih ia juga pernah mendengar pernah ada mayat non muslim yang dibongkar setelah dikebumikan.

"Jika ini terulang maka akan kita rapatkan bersama dan akan kita ambil tindakan, mereka harus bertanggung jawab. Tapi tetap tidak merugikan masyarakat dan pihak RSUD Soedarso. Yang jelas ini tidak boleh terulang," harapnya.

Kapolsek Pontianak Selatan, Kompol Marthen Y, mengatakan berdasarkan keterangan masyarakat diduga mayat tersebut dikebumikan pihak RSUD Sudarso. Warga Kabupaten Sintang berjenis kelamin perempuan lantaran meninggal saat berobat.

"Namun semua belum pasti baru keterangan dari warga. Kita tunggu saja dari pihak rumah sakit RSUD Soedarso," katanya di lokasi kejadian.

Ia mengungkapkan saat berkoordinasi dengan pegurus makam dan ketua RT. Menurutnya semuanya tidak mengetahui saat pemakaman, sebab tidak ada pemberitahuan kepada mereka. "Kita tanya kepetugas pemakaman dan Ketua RT mereka mengaku tidak tahu," ungkapnya.

Dari pantauan Tribun di lokasi kejadian berdekatan dengan beberapa perusahaan besar. Sekitar pukul 18.00 air masih menggenangi pemakaman. Terlihat pada mayat tersebut hanya pengikat kakinya yang dilepas, sedangkan pengikat pocong mayat tersebut terlihat memang tidak dilepas.

Di lokasi kejadian hanya ada beberapa warga dan petugas yang tidak berwenang. Kemudian aparat dari Polsek Pontianak Selatan tiba sekitar pukul 08.30. Sedangkan petugas dari RSUD Soerdarso baru tiba sekitar pukul 09.40. Namun mayat baru di evakuasi sekitar pukul 22.15 dan di bawa ke RSUD hampir pukul 23.00.

Editor: sanusi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1829501 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas